Ketua DPRD Pangkep : Secara Etika Mereka Harus Mundur dari DPRD

Ketua DPRD Pangkep Andi Ilham Zainuddin
Ketua DPRD Pangkep Andi Ilham Zainuddin

Terkini.id,Pangkep – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangkep, Andi Ilham Zainuddin menyebutkan dari empat orang anggota dewan yang pindah partai, baru satu orang yang menyerahkan surat pengunduran diri sebagai anggota dewan.

Menurut Ilham, seharusnya secara etika, jika seseorang pindah partai yang mengantarnya menjadi legislator maka ia juga harus meninggalkan DPRD. Meski secara aturan, pengunduran anggota dewan harus melalui mekanisme yang disetuju KPU, Bupati dan Gubernur.

“Aturannya pemberhentian anggota DPRD Kabupaten harua melalui SK Gubernur. Tapi secara etika harusnya berhenti dari DPRD pas mereka pindah,” kata Ilham usai memimpin paripurna, Senin 16 Juli 2018.

Empat orang legislator DPRD Pangkep yang disebut pindah partai diantaranya, legislator Partai Golkar Muhammad Yusran Lalogau dan Haris Gani, legislator PDI Perjuangan, H Saleh dan dari PKB, Umar Sahabu.

“Baru saru orang yang mengajukan pengunduran diri, Umar Sahabu. Suratnya sudah saya terima dan tandatangani bukti penerimaan suratnya. Itu baru gentleman, pindah partai mundur dari dewan,” ujarnya.

Baca juga:

Ia menyebut sikap Umar Sahabu tersebut sebagai sikap yang jantan. Ia juga menambahkan, surat pengunduran diri tersebut menjadi persyaratan yang akan diminta oleh KPU sebagai syarat wajib bagi legislator yang pindah partai.

Salah satu anggota dewan yang pindah partai, H Saleh berkilah soal pengunduran diri tersebut. Saleh yang mantan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pangkep ini menyatakan dirinya tidak perlu mengajukan pengunduran diri sebab dirinya sudah dupecat dari partai moncong putih tersebut. “Aturannya juga harus mundur dari partai, saya mengajukan kemana. Saya kan sudah lama tidak di PDIP,” ujarnya.

Komentar

Rekomendasi

Ketua Demokrat Sulsel Salurkan Bantuan Paket Sembako ke Warga Pangkep

Bully dan Aniaya Penjual Jalangkote, 8 Pelaku Mengaku Cuma Iseng

Soal Kasus Perundungan di Pangkep, Anir: Semoga Tak Terulang

Gubernur Sulsel: Stop Perundungan Terhadap Anak

Komunitas Sepeda Makassar dan Pangkep Bantu Anak Korban Perundungan

Polres Pangkep Tangkap Pelaku Penganiayaan Anak yang Viral di Medsos

Anir Peduli Bagian Ribuan Nasi Kotak ke Warga

Nurdin Abdullah Tinjau Pospam Ketupat Covid-19 Polres Pangkep

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar