Jokowi Longgarkan Ketentuan Pemakaian Masker di Luar Ruangan, Zubairi : Keputusan yang Tepat

Terkini.id, Jakarta – Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melonggarkan ketentuan pemakaian masker di luar ruangan dinilai sudah tepat.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban.

Menurut Zubairi keputusan tersebut sudah tepat berdasrkan data harian Covid-19 yang terus menurun.

“Keputusan yang tepat, berdasarkan data harian yang terus menurun,” ujar Zubairi sebagaimana dilansir dari Kompascom. Rabu, 18 Mei 2022.

Meskipun, menurut Zubairi, angka kasus baru Covid-19 sempat naik pada Senin, 16 Mei 2022  tapi turun lagi di Selasa, 17 Mei 2022.

“Kemarin sempat naik, tapi hari ini turun lai (kasus baru Covid-19) di bawah 300. JJaadi, kasus baru turun banyak,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa banyak rumah sakit yang sudah tidak memilki pasien Covid-19 lagi.

“Kedua, positivity rate juga sangat turun hingga kurang dari 3 persen. Keterisian rumah sakit rujukan juga kurang dari 3 pasien, bahkan banyak rumahh sakit yang kosong pasien Covid-19,” ujarnya.

Di sisi lain, jumlah kasus aktif Covid-19 atau jumlah penduduk yang kini terinfeksi virus tersebut justru menurun, meski tingkat vaksinasinya tinggi.

Namun, menurut Zubairi, keputusan Jokowi yang tepat itu disertai dengan beberapa peringatan, antara lain kemungkinan peningkatan kasus Covid-19 dalam 15-30 hari ke depan sebagai dampak dari mudik Lebaran 2022, yang dihitung sejak awal tahun ini. Ramadhan 2022.

“Kalau ada kenaikan dalam setengah aau sebulan lagi, harus dibuat PPKM lagi. Tapi, kemungkinan untuk itu sepertinyaa kecil,” kata Zubairi.

Pada Selasa sore, Jokowi mengungkapkan kebijakan melonggarkan penggunaan masker di luar ruangan.

Selain itu, Jokowi menyatakan masker tetap harus dipakai di luar jika terjadi keramaian dan di dalam ruangan.

Bagikan