Ketua TP PKK Barru Serahkan Sertifikat ODF Kepada Desa Pujananting

Terkini.id, Barru – Keberhasilan Desa Pujananting, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru, meraih sertifikat Open Defecation Free (ODF) sebagai Desa dengan bebas dari perilaku buang air besar sembarangan (BABS).

Penghargaan itupun diserahkan langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Hasnah Syam, sekaligus mendeklarasikan Desa Stop BABS (ODF) yang dilaksanakan di Kantor Desa Pujananting, Kamis 11 Oktober 2018.

Kepala Desa Pujananting, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru, Abd. Rahman, menuturkan, kalau dirinya telah menganggatkan dua kali berturut-turut selama tiga tahun untuk memenuhi kelengkapan jamban bagi masyarakat.

“Ini memang terus menjadi perhatian kami dan bahkan dua kali berturut-turut dalam masa anggaran tiga tahun kami terus penuhi kebutuhan kelengkapan jamban masyarakat kami,”katanya.

Diapun mengaku, kalau penghargaan ini tentunya diraih tidak lain karena peran semua pihak, termasuk dukungan Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru, dan juga Pemerintah Kabupaten Barru.

“Ini tidak lain dukungan dari semua pihak termasuk PKK Kabupaten Barru dan Pemerintah Kabupaten Barru,”ungkap Rahman.

Kepala Dinas BPMD Kabupaten Barru, Nasaruddin, mengurai, kalau dengan pencapaian ini maka kemudian menjadi motivasi tersendiri bagi kita masyarakat Barru untuk menjadikan Kabupaten Barru sebagai kota dengan pencapaian ODF tahun 2018.

Baca :Hadirkan Smart PKB, Ini Sasaran Pemda Barru

“Apa yang telah kita dapat hari ini merupakan buah perjuangan dan upaya yang telah kita lakukan selama berpuluh tahun. Dengan merubah kesadaran dalam berprilaku hidup sehat masyarakat dari buang air besar sembarangan menjadi stop BABS sehingga status Desa Pujananting sebagai stop BABS akan tetap berkelanjutan dan bahkan kualitas sarana jamban keluarga yang digunakan oleh masyarakat juga semakin meningkat,”urai dia.

PenulisAna Ridwan