Keunggulan Teknologi China yang Memicu Kekaguman dan Kecemasan

KEBANGKITAN China pada abad XXI ini sangat fenomenal, sekaligus menghasilkan kekaguman dan kecemasan.

Kecemasan, karena terjadinya perubahan kekuatan dunia yang selama jangka waktu sekitar satu abad dikuasai Amerika Serikat.

Salah satu kenyataan keunggulan China tampak pada prestasi spektakulernya ketika ia meruntuhkan dan membangun kembali jembatan Sanyuan di Beijing pada bulan November 2015.

Jembatan yang dibangun pada tahun 1984 itu ternyata tidak lagi kuat menahan beban kendaraan yang berlalu-lintas di atasnya.
Pemerintah memutuskan untuk meruntuhkan dan membangunnya kembali. Dibutuhkan waktu selama 24 jam untuk meruntuhkan jembatan lama, dan 19 jam untuk membangunnya kembali.

Prestasi ini belum ada tandingannya di dalam catatan sejarah di seluruh dunia. Bagaimana mungkin?

Pertanyaan ini menggugah perhatian dunia, khususnya Amerika Serikat, untuk memikirkan kembali kekuatan dan kelemahannya untuk menghadapi kebangkitan China sebagai kekuatan baru yang sukar tertandingi.

Keunggulan di atas adalah perpaduan antara tiga keunggulan: (1) keunggulan teknologi; (2) keunggulan SDM; (3) keunggulan Manajemen Nasional.

Ketiga keunggulan itu bukannya terjadi secara tiba-tiba, melainkan direncanakan dan diterapkan secara konsekuen dalam waktu yang panjang.

Renungan: Apa pelajarannya untuk dunia, termasuk Indonesia?

Berita Terkait