Keunikan Objek Wisata Jeneponto, dari Batu Sipinga hingga Lembah Hijau Rumbia

Batu Sipinga
Batu Sipinga di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan

Terkini.id – Salah satu objek wisata alam di Jeneponto adalah objek wisata Batu Sipinga di Kampung Karampuang, Desa Garassikang, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto.

Objek wisata ini ramai diperbincangkan di jejaring media sosial (medsos) belakangan ini lantaran memiliki keindahan yang khas dan eksotis. Wisata tersebut menyuguhkan gugusan batu beragam bentuk. Ada yang menyerupai hewan, ada juga mirip tumbuh-tumbuh serta tulisan Arab.

“Keindahan unik untuk latar foto bersama, keunikan Batu Sipinga dengan batunya yang berbentuk gajah, buaya, tumbuhan jamur, serta batu berbentuk tulisan arab Allah,” kata Ratna Dg Te’ne, pengunjung asal Kecamatan Bonto Rambah belum lama ini.

Batu Sipinga
Batu Sipinga

Di lokasi Batu Sipinga terdapat gua-gua di tengah himpitan batu yang konon menyimpan banyak kisah masa lalu. Salah satu kisah yang beredar, gua itu pernah jadi tameng pejuang kemerdekaan indonesia ketika melawan kolonial Belanda.

“Katanya, gua-gua kecil itu digunakan tempat persembunyian pejuan-pejuang zaman dahulu waktu berperang,” kata Kepala Desa Garassikang Rajadeng kepada makassar.terkini.id.

Batu Sipinga dalam bahasa Makassar artinya jalan sempit. “Dinamakan Batu Sipinga karena mempunyai jalan-jalan kecil atau sempit,” jelasnya.

Objek wisata Batu Sipinga kurang lebih dua setengah kilometer dari poros Jeneponto-Takalar. Berjarak 30 kilometer dari pusat kota Kabupaten Jeneponto.

Bagi wisatawan, tidak dikenakan tarif masuk menikmati keindahan Batu Sipinga. Hanya biaya parkir kendaraan Rp 2 ribu untuk sepeda motor dan mobil Rp 3 ribu.

Batu Sipinga
Batu Sipinga

Lembah Hijau Rumbia

Objek wisata Lembah Hijau Rumbia (LHR) salah satu objek wisata di Desa Tompo Bulu, Kecamatan Rumbia, Jeneponto kini sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Objek wisata yang digagas sejak 2010 ini memiliki daya tarik tersendiri. Keindahan hutan, suasana sejuk, dan kolam renang yang memiliki keunikan khas. Banyak juga pepohonan indah.

Wisata lingkungan yang terletak di sebelah utara Kabupaten Jeneponto ini ditempuh dengan jarak kurang lebih 30 kilometer dari jantung Kota Jeneponto.

Lembah Hijau Rumbia
Lembah Hijau Rumbia

Selain menawarkan keindahan alam, LHR juga memberikan fasilitas seperti penginapan, gazebo, ruang foto, dan fasilitas bermain lainnya. Pengunjung yang datang hanya dipungut Rp 10 ribu per orang.

“Tahun depan, rencananya 25 negara akan hadir di tempat ini adakan pertemuan internasional,” kata Ridwan Nojeng, pengelola LHR.

Artikel ini telah terbit di Majalah Makassar Terkini

Komentar

Rekomendasi

Awal Tahun 2020, Harper Perintis Makassar Sabet 7 Penghargaan Sekaligus

Jokowi Naik Kapal Phinisi di Labuan Bajo

4 Tempat untuk Menenangkan Diri Sejenak di Makassar dan Sekitarnya

Simak Itinerari di Kota Solo Selama 3 Hari Berikut!

Begini Keseruan Festival Es dan Salju Terbesar di Dunia

4 Tempat Wisata Halal Terfavorit di Bandung

Liburan sambil Belajar? Inilah 5 Tempat Wisata Edukasi Anak di Solo

Berikut 4 Tempat Wisata Keluarga dan Ramah Anak di Jakarta

Terpercaya, Prima Unggul Wisata Kembali Berangkatkan Ratusan Jamaah Umrah Januari 2020

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar