KFC hingga Pizza Turun ke Jalan Berjualan, Demi Uang dan Karyawan Tak PHK

Terkini.id, Jakarta – Pandemi Covid-19 membuat fenomena pemasaran baru dalam bisnis restoran. Sejumlah karyawan restoran kelas atas, seperti Pizza Hut, KFC terlihat sering turun ke jalan menjajakan dagangannya.

Fenomena itu menunjukkan perputaran ekonomi yang tidak stabil juga dirasakan sangat keras oleh pelaku pelaku usaha tersebut.

Mereka pun mulai turun menyasar pasar ekonomi menengah bawah demi bisa bertahan dan karyawan mereka tetap bisa digaji.

Seperti yang dilakukan pegawai Pizza Hut, mereka menjajakan jualannya di pinggir jalan.

Mungkin Anda menyukai ini:

Salah satu pegawai Pizza Hut, sebut saja namanya Susi mengungkapkan, berjualan di pinggir jalan sudah dilakukan sejak pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan agar mendongkrak penjualan dari perusahaan.

Baca Juga: Usai Pelantikan, Danny Targetkan Corona Hilang di Makassar Akhir Desember...

“Ini sudah lama kita lakukan sejak Covid-19 ini masuk ke Indonesia dan kembali PSBB. Jadi sampai saat ini tetap jualan di pinggir jalan biar penjualan meningkat,” ujar Susi, di Jakarta, Minggu 27 September 2020 dikutip dari CNNIndonesia.

Kata dia, cara berjualan di pinggir jalan ini agar pegawai tidak banyak dirumahkan atau adanya pemutusan hubungan kerja (PHK). Hal ini dikarenakan banyak pegawai yang sudah di PHK.

“Karena banyak di PHK ada yang dirumahkan tanpa digaji jadi mau enggak mau perusahaan lakukan ini biar enggak banyak yang di-PHK karena karyawan banyak,” jelasnya

Baca Juga: Masih Pandemi Covid-19, IDI Makassar Tolak Rencana Pembukaan Sekolah di...

Dia menambahkan, tidak malu jika berjualan di pinggir jalan. Hal ini dikarenakan agar tetap bisa bekerja dan digaji. Adapun, karyawan akan bergantian dalam menjual pizza di pinggir jalan.

“Enggak malu sih karena kita juga buat makan biar tetap bekerja yang penting halal dan ikhlas,” tutup Susi.

Bagikan