Kinerja BNI Makassar 2018: Salurkan Rp 5 T untuk Infrastruktur, KUR Melejit

KENALKAN CEO BARU. Vice President of Consumer Banking BNI Wilayah Makassar Hadi Santoso (kiri), CEO BNI Makassar Faizal Arief Setiawan (tengah), serta Head of Business Banking BNI Wilayah Makassar Jeff Roberto, saat media gathering di Hotel Horison Makassar, Senin 4 Februari 2019.
KENALKAN CEO BARU. Vice President of Consumer Banking BNI Wilayah Makassar Hadi Santoso (kiri), CEO BNI Makassar Faizal Arief Setiawan (tengah), serta Head of Business Banking BNI Wilayah Makassar Jeff Roberto, saat media gathering di Hotel Horison Makassar, Senin 4 Februari 2019.

Terkini.id, Makassar – Bank Negara Indonesia (BNI) mencatat kinerja di atas rata-rata industri perbankan pada tahun 2018.

Meskipun di tengah gejolak ekonomi global, bank pelat merah ini optimis bisa mencatat pertumbuhan signifikan pada tahun 2019.

“Tahun 2018 itu tantangannya besar. Mulai dari masalah perang dagang, ekspor terpuruk, tapi kita bisa melewatinya dengan gemilang,” tutur CEO BNI Kantor Wilayah Makassar, Faizal Arief Setiawan, saat gathering media di Hotel Horison, Senin 4 Februari 2019.

BNI mencatat pertumbuhan aset secara nasional mencapai hingga 14 persen, atau lebih tinggi dari pertumbuhan aset rata-rata perbankan nasional yang mencapai 10-12 persen.

Kredit untuk Infrastruktur

Hingga akhir 2018, Bank BNI mencatatkan kinerja pertumbuhan kredit yang mencapai hingga 12 persen dibanding periode 2017 (year-on-year/yoy).

Dari semua kredit yang disalurkan BNI, jenis kredit untuk infrastruktur yang paling besar.

Head of Business Banking BNI Wilayah Makassar Jeff Roberto, mengungkapkan, portfolio untuk pembiayaan infrastruktur mencapai 40 persen.

“Portfolio kita ini paling banyak ke kalangan menengah, sampai Rp 5 triliun. Kebanyakan untuk para kontraktor, untuk pembangunan infrastruktur,” terang Jeff lagi.

Kredit KUR BNI

Selain kredit ke kalangan menengah, kredit produktif Bank BNI juga banyak disalurkan untuk mendukung program pemerintah, yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Hingga akhir 2018, realisasi penyaluran kredit KUR kita achieve hingga Rp 750 miliar. Lebih tinggi dari target Rp529 miliar, dengan 3.800 orang debitur,” terang Jeff.

Kredit tersebut tersebar di empat Provinsi di Sulawesi, yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tenggara.

Dari jumlah Rp 705 miliar tersebut, Sulsel menjadi daerah dengan penyaluran KUR terbesar, mencapai Rp 420 miliar.

“Untuk tahun 2019, kita targetkan kredit KUR ini bertumbuh hingga 30 persen. Untuk itu, kita siap bekerja sama dengan klaster-klaster usaha mikro hingga ritel,” terang dia.

Kredit Konsumer Sasar Milenial

Sementara itu, untuk kredit konsumer, BNI Makassar membidik pembiayaan untuk kalangan milenial.

“Pembiayaan untuk kalangan milenial ini kita sedang garap. Bunganya sangat murah,” terang Vice President of Consumer BNI Wilayah Makassar, Hadi Santoso.

Kredit untuk kepemilikan rumah (KPR), misalnya, BNI memberikan bunga hingga 6,75 persen untuk dua tahun pertama.

Bahkan, untuk kredit milenial ini, BNI memberi jangka waktu angsuran yang panjang, hingga 25 tahun.

“Dengan program kredit yang menyasar milenial ini, kita sukses mencapai pertumbuhan kredit consumer hingga 12 persen,” terang dia lagi.

Bisnis Merchant

Hadi Santoso juga mengemukakan, pembiayaan konsumer BNI terus melakukan ekspansi ke bisnis merchant.

“Sejumlah merchant yang punya fasilitas transaksi lewat mesin EDC BNI, semakin banyak. Baik itu dari segmen restoran, perhotelan, dan lain-lain,” katanya.

Dia menyebutkan, pada 2018, jumlah merchant BNI tumbuh hingga 29 persen dari 2017.

“Dari 4.401 pada tahun 2017, kemudian menjadi 7.014 pada tahun 2018, dengan nilai transaksi yang mencapai Rp 4,5 triliun pada 2018,” tambah Hadi.

Dana Pihak Ketiga

Faizal menambahkan, pada tahun 2018, penghimpunan dana pihak ketiga melalui tabungan, giro dan deposito, juga tumbuh hingga 9 persen.

Komentar
Terkini
Ekobis

Telkomsel Luncurkan Paket Data Anti Mubassir

Terkini.id, Makassar - Telkomsel meluncurkan produk baru yang diklaim anti mubassir. Paket data ini akan menjawab keresahan dan kegelisahan pengguna Telkomsel selama ini, yang
News

Begini Sosok JK di Mata Dokter Koboi

Terkini.id,Makassar - Inilah pandangan pemuda milenials Sulawesi Selatan yang juga berprofesi sebagai seorang dokter dan kerap disapa Dokter Koboi terhadap Wakil Presiden Republik Indonesia