Kiper Super yang Tumbangkan Matador

kiper Igor Akinfeev
Igor Akinfeev (reuters)

Terkini.id – Tidak selamanya tim yang tampil buruk itu kalah. Rusia, contohnya. Setelah menahan imbang Spanyol 1-1 di babak normal, mereka kemudian bertahan total hingga dua babak penambahan waktu. Ada pengaruh besar dari kiper Akinfeev.

Di sepanjang pertambahan waktu 2 x 15 menit, lagi-lagi Rusia main super defensif. Berkali-kali Spanyol mendikte permainan, serta mengurung pertahanan tuan rumah. Namun, serangan tersebut selalu saja gagal menghasilkan gol.

Serangan Balik

Melihat permainan yang mulai tidak berimbang, terlebih lagi stamina beberapa pemain Rusia menurun, Fernando Hierro meminta anak buahnya mengandalkan counter attack (serangan balik).

Kentara sekali Rusia sangat mengandalkan ketangguhan kipernya, Igor Akinfeev. Bahkan, Rusia terlihat ingin mengakhiri pertandingan ini dengan drama adu penalti.

Dan, sepanjang babak normal hingga dua babak penambahan waktu, pemain jangkung itu memang membuktikan diri sebagai kiper super.

Akinfeev berkali-kali menerjang dan menahan bola yang mencoba masuk ke gawangnya. Tidak hanya melalui tangan, tetapi juga lewat sentuhan pergerakan kaki. Sungguh aksi indah.

Karena itu, pahlawan Rusia pantas disematkan pada Akinfeev. Kali ini, kiper CSKA Moscow itu, adalah bintang lapangan. Kalau tidak tampil cemerlang, Rusia dipastikan tersingkir.

Baca juga: Sepak bola: Ini video deretan tendangan bebas menyusur tanah kelas dunia

Pada adu tos-tosan, lagi-lagi Akinfeev menunjukkan penampilan brilian. Ia mengantar negaranya lolos ke babak delapan besar Piala Dunia 2018, setelah menahan bola Koke dan Lago Aspas. Rusia akhirnya menang 4-3.

Selamat Rusia. Selamat tinggal Spanyol. (*)

Komentar

Rekomendasi

Seribu Bayangan Kematian di Udara

Isra’ Mi’raj dan Dunia Global

Apa Kabar Omnibus Law?

Pelakon Ekonomi Kerakyatan di Zaman Social Distancing

Al-Isra Wal-Mi’raj dan Covid-19

Zakir

Kehabisan Kata

Manusia itu “Ajuula”

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar