Kirab Obor Asian Para Games 2018 Sukses Dihelat di Makassar

Kirab Obor Asian Para Games 2018 Sukses Dihelat di Makassar

Terkini.id, Makassar – Kirab api obor Asian Para Games 2018 di Kota Makassar Sulawesi Selatan telah selesai. Kirab api yang digelar di kota Makassar ini berlangsung pada Rabu 12 September 2018.

Tampil sebagai pengarak obor Para Games di kota Makassar, masing masing Kapolri, Jenderal Tito Karnavian; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah; Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono; Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, dan sejumlah atlit difabel.

Kirab Obor Asian Para Games 2018 Sukses Dihelat di Makassar

Adapun rute kirab api obor Asian Para Games 2018 ini dimulai dari rumah jabatan Gubernur Sulawesi Selatan jalan Sungai Tangka Makassar menuju lapangan Karebosi.

Sebelum di kota Makassar, kirab api obor Asian Para Games dihelat di Ternate. Selanjutnya di Makassar, lalu Bali 16 September mendatang, Pontianak 19 September, Medan 23 September, Pangkal Pinang 26 September dan berakhir di Jakarta pada 30 September 2018 mendatang.

Diketahui Indonesia menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018 ini merupakan yang pertama kalinya. Jadi tahun 2018 merupakan untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga difabel tingkat Asia.

Kirab Obor Asian Para Games 2018 Sukses Dihelat di Makassar

Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari dalam sambutannya mengatakan pihaknya selaku panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 telah siap mengemban tugas melaksanakan kompetisi olahraga empat tahunan khusus untuk atlet difabel tersebut.

“Makassar jadi kota bersejarah karena dilintasi obor Asian Para Games 2018,”papar mantan Ketua DPP HIPMI ini sebelum dilakukan pawai di Rujab Gubernur Sulawesi Selatan.

Pengusaha kondang asal Sulawesi Selatan ini juga menyebutkan alasan dipilihnya kota Makassar sebagai salah satu kota yang dilintasi obor Asian Para Games 2018. Menurutnya Makassar adalah barometer perjuangan dari Indonesia Timur. Makassar layak disabilitas atas penilaian NGO dari Luar.

“Bukan karena saya dari Makassar, tapi kota ini telah menjadi barometer Kawasan Indonesia Timur. Selain itu juga menjadi kota layak disabilitas atas penilaian NGO dari luar,” ujarnya.

Kirab Obor Asian Para Games 2018 Sukses Dihelat di Makassar

Disebutkan ada sekitar 5000 atlet akan mengikuti ajang yang mengangkat slogan “Gelorakan Semangat Peduli Disabilitas” ini dari berbagai negara di Asia.

“Ada kurang lebih 5.000 atlet dan official dan 1.100 di antaranya menggunakan kursi roda, 8.000 volunters, 5.000 pekerja lapangan, dan 800 media dari nasional maupun internasional. Mereka datang untuk mengumpulkan medali, bukan untuk dikasihani,”terang Oktohari.

Asian Para Games 2018 yang berlangsung di Jakarta, 6-13 Oktober, merupakan edisi ketiga. Sebelumnya, pesta olahraga ini digelar di Guangzhou (2010) dan Incheon (2014),”tambah Oktohari.

Sementara Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya atas dipilihnya Makassar menjadi salah satu kota yang dilalui pawai obor Asian Para Games 2018.

Kirab Obor Asian Para Games 2018 Sukses Dihelat di Makassar

“Semoga semangat Asian Para Games bisa menular ke PORDA Sulsel yang akan diselenggarakan bulan ini di Kabupaten Pinrang,”ujar mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

“Dengan dimulainya dari Makassar dapat menjadi spirit masyarakat Sulsel. Kami juga bulan ini akan menyelenggarakan Porda Sulsel. Mudah mudahan spirit Asian Para Games ini terwujud di Sulsel,”harap Prof Andalan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini