Klub robotika Makassar adu hebat di kompetisi HMJ TI UINAM

Tim Robotron UNM mengikuti kompetisi 'Robot Line Follower' yang digelar oleh HMJ TI UINAM

Terkini.id, Makassar – Puluhan komunitas Robotika di Makassar mengikuti kompetisi ‘Line Follower Robot Competition’ yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika UIN Alauddin Makassar (HMJ TI UINAM) di Benteng Fort Rotterdam Makassar. Sabtu-Minggu, 25-26 November 2017.

Puluhan komunitas robot ini saling beradu kehebatan hasil karya robot mereka masing-masing di kategori ‘Robot Line Follower’.

Robot Line Follower adalah robot yang dapat bergerak mengikuti garis secara otomatis, tanpa remot kontrol yang mengaturnya.

Robot Line Follower

Syahrullah selaku Ketua Umum HMJ TI UINAM mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan sebagai ajang silaturahim antar mahasiswa jurusan Teknik Informatika se-Makassar, pegiat-pegiat IT, dan komunitas robotika Makassar.

“Peserta kompetisi ini berjumlah kurang lebih 29 tim yang berasal dari komunitas robotika di Makassar, termasuk klub robotika yang merupakan perwakilan dari beberapa kampus,” ungkap Syahrullah.

Ia berharap, semoga kedepannya kegiatan seperti ini dapat terus berkelanjutan, dan para pegiat IT di Makassar dapat menjalin silaturahim guna mewujudkan Kota Makassar sebagai kota ‘Smart City’.

Salah satu peserta dalam kompetisi ini yakni tim Robotron UNM. Klub robot yang berasal dari kampus UNM dan telah berdiri sejak tahun 2006 ini memboyong 15 orang anggotanya serta mengikutkan sekitar 3-5 unit robot line followernya untuk beradu kehebatan dengan karya robot dari peserta lainnya.

Rusdi selaku Ketua Tim Robotron UNM mengatakan, setelah mengikuti kompetisi robot yang diselenggarakan oleh HMJ TI UINAM, tim Robotron UNM akan mempersiapkan diri guna mengikuti kompetisi robot nasional, Kontes Robot Indonesia (KRI), yang akan dihelat tahun 2018 mendatang.

“Insyaallah di KRI 2018 nantinya, kami akan mempersiapkan hasil karya robot kami bernama ‘Arkon’ yang bisa bermain olahraga lempar lembing,” pungkasnya.

Robot Line Follower hasil karya para peserta beradu kehebatan di kompetisi robot yang digelar oleh HMJ TI UINAM di Benteng Fort Rotterdam Makassar

Selain kompetisi robot, beberapa item kegiatan juga digelar oleh HMJ TI UINAM di kegiatan ini diantaranya, pameran IT, pameran budaya, talkshow, dan kontes fotografi.

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini