Komunitas Jum’at Sedekah Makassar Bersama Volunteer Doctors dan Dompet Dhuafa Adakan Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan

Gambar : Pemeriksaan Kesehatan kepada seluruh warga Sukaria yang berpartisipasi mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Jum'at Berkah Makassar/Terkini.id

Terkini.id, Makassar – Komunitas Jum’at Sedekah Makassar adakan kegiatan “One Day For Ummah” yang bekerja sama dengan komunitas Volunteer Doctors dan Dompet Dhuafa di Mesjid Al-Ikhlas tepatnya Jl.Sukaria 13 Kota Makassar. Jum’at, 6 September 2019.

Kegiatan ini dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan. Adapun pemeriksaan yang dilakukan yakni pemeriksaan gigi, fisiotherapy, penyuluhan kesehatan serta pemeriksaan kesehatan umum.

Gambar : Saat Melakukan proses pendaftaran peserta untuk pemeriksaan kesehatan

Bukan hanya kegiatan pemeriksaan kesehatan saja, dalam kegiatan ini juga diadakan pembagian makanan kepada seluruh warga Sukaria yang telah memeriksakan kesehatannya.

Gambar : Pemberian Kotak Makanan kepada para warga Sukaria yang mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan.

“Dana konsumsi yang kami berikan diperoleh dari donatur Jumat Sedekah makassar (khusus pekan ini kami dapat donasi 50kg daging sapi,” ucap Devi selaku koordinator acara pada kegiatan tersebut.

Gambar : Pemeriksaan Gigi kepada anak-anak yang Berdomisili Di Jl.Sukaria 13

Dalam kegiatan ini diperuntukkan kurang lebih untuk 100 warga Sukaria. 100 warga yang dimaksud yakni anak-anak, orang dewasa, serta lansia ataupun seluruh warga yang memiliki keluhan pada kesehatannya.

Gambar : Pemeriksaan Kesehatan Umum

“Ini merupakan kegiatan kedua khusus tema One Day For Ummah,” tambahnya.

Gambar : Foto Devi, selaku koordinator acara dalam kegiatan tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa komunitasnya memilih Mesjid Al-Ikhlas sebagai tempat kegiatannya karena menurutnya jika ia melakukan kegiatan dipuskesmas maka kegiatannya akan mengganggu tugas-tugas pegawai yang bekerja disana. Untuk itulah ia mengambil tempat di Mesjid Al-Ikhlas Sukaria.

Gambar : Warga yang melakukan  pemeriksaan fisiotherapy dengan salah satu petugas kegiatan.

Selain itu, menurutnya daerah ini adalah daerah yang cocok untuk dijadikan tempat kegiatan pemeriksaan kesehatan seperti ini. Karena daerah Sukaria sendiri merupakan daerah yang padat penduduknya serta tempatnya yang lumayan jauh dari jangkauan puskesmas.

Gambar : Penyuluhan Deteksi Dini Kanker Service kepada warga.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, karena kita diberi pemeriksaan gratis sama obat gratis juga. Dan baru kali ini ada pemeriksaan begini di sini,” ucap Nursia salah satu warga yang ikut terlibat dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut.

Patut dibanggakan karena kegiatan ini sangat disenangi oleh warga sekitar. Semua itu dibuktikan oleh antusias warga yang senantiasa mengikuti dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut.

Gambar : Pembagian makanan dari Jum’at Sedekah Makassar kepada Tukang Becak.
Gambar : Pembagian Makanan dari Jum’at Sedekah Makassar kepada Penjahit Sepatu.

 

Taufik Ali selaku oordinatoor umum Jum’at Sedekah mengatakan bahwa selepas mengadakan kegiatan di Mesjid Al-Ikhlas mereka lanjut lagi dengan kegiatan membagikan makanan untuk orang-orang di pinggir jalan. Yakni kepada seorang pemulung, tukang becak serta kepada penjahit sepatu.

Gambar : Pembagian Makanan kepada pemulung di pinggir jalan.

Selain itu mereka juga berkunjung ke dua panti asuhan untuk mengantarkan makanan. Yakni panti asuhan Berkah Ilahi dan panti asuhan Nur Rahma.

Gambar : Kunjungan Komunitas Jum’at Sedekah Makassar ke Panti Asuhan untuk mengantarkan makanan