KPID Sulsel temukan keberpihakan lembaga penyiaran ke kandidat Pilkada

Komisioner KPID Sulsel mengekspos hasil monitoring di salah satu warkop Pasar Segar, Jalan Pengayoman Makassar, Jumat 11 Mei 2018. /Nasruddin
Komisioner KPID Sulsel mengekspos hasil monitoring di salah satu warkop Pasar Segar, Jalan Pengayoman Makassar, Jumat 11 Mei 2018. /Nasruddin

Terkini.id — Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel menemukan sejumlah pelanggaran terkait isi siaran dalam momen Pilkada serentak di Sulsel 2018.

Berdasarkan temuan selama proses pengawasan dari 714 pelanggaran, 26 di antaranya merupakan jenis pelanggaran terkait Pilkada. Jenis pelanggaran yang ditemukan diantaranya, netralitas seperti keberpihakan lembaga penyiaran terhadap kandidat Pilkada.

Koordinator Pengawasan Isi siaran KPID Sulsel, Herwanita mengatakan pelanggaran yang dilakukan telah diberikan sanksi berupa teguran tertulis kepada sejumlah lembaga penyiaran tersebut.

“Ini selama pengawasan tanggal 15 Februari yang merupakan tahapan awal kampanye hingga bulan April 2018,” ujar Herwanita saat ekspos hasil monitoring di salah satu warkop di Jalan Pengayoman, Makassar, Jumat 11 Mei 2018.

Padahal sebelumnya, kata dia, KPID Sulsel telah mengintensifkan kembali gugus tugas pengawasan dan pemantauan penyiaran, pemberitaan, dan iklan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) beberapa waktu lalu.

“Ini dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga netralitas lembaga penyiaran agar terciptanya tatanan informasi yang adil dan merata serta memperkuat koordinasi pengawasan jelang Pilkada serentak 2018,” jelas Herwanita.

Komentar

Rekomendasi

Aliansi Mahasiswa Cinta Demokrasi Gelar Deklarasi Pilkada Damai Berintegritas 2020

Mahasiswa Wajib Mengontrol Jalannya Demokrasi Pilkada Serentak 2020

Pemuda Sebagai Benteng Pelindung Publik dari Hoax

Parpol Diminta Tidak Usung Cakada Terindikasi Korupsi

Amirullah Nur Penantang Kuat di Pilkada Maros

Gerindra Sulsel Kirim nama Calon Kepala Daerah ke DPP

Appi Dorong Sistem Kesehatan Berbasis Digital

Tomy Satria-Andi Makassau Resmi Kantongi Rekomendasi PKB

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar