KPU Barru Temukan 7038 Kertas Suara yang Rusak

KPU Barru
KPU Barru menunjukkan kertas suara yang rusak

Terkini.id, Barru – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru, jelang penyaluran logistik pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, pada Pilkada serentak Tahun 2018 menemukan adanya kertas suara Cagub dan Cawagub yang rusak sebanyak 7038 kertas suara.

Beruntungnya setelah melakukan pelaporan ke Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Selatan, kertas suara yang rusak tersebut telah dilakukan pergantian oleh KPU Provinsi Sulsel, bahkan kertas suara pergantian tersebut telah didistribusikan kembali oleh KPU Provinsi pada Rabu, 20 Juni 2018 kemarin.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris KPU Kabupaten Barru, Agussalim, saat ditemui di kantornya, Kamis, 21 Juni 2018.

“KPU Provinsi Sulsel telah melakukan pergantian terhadap adanya kerusakan kertas suara tersebut,” katanya.

Dia mengungkapkan, kalau kerusakan kertas suara tersebut bervariasi, ada yang diakibatkan karena noda atau adanya titik pada kotak Paslon, atau bahkan sampai pada terkena noda besar.

“Ada beberapa kertas suara yang pada bagian Paslon ditemukan adanya titik tinta, serta kertas suaranya tidak terbaca nama paslon atau nomor Paslon secara utuh, bahkan ada yang sampai terjadi tumpukan tinta, dan juga ada yang sudah rusak,” terangnya.

Untuk kertas suara rusak tersebut sesuai dengan prosedural yang ada, telah dibuatkan berita acara pergantian, dan bahkan pengganti dari kertas suara tersebut juga sudah dibuatkan.

“Termasuk berita acara pergantian dan juga berita acara penerimaan pengganti yang ditandatangani Panwaslu serta Gakumdu, sudah dibuatkan dan berita acara tersebut telah dikirim ke KPU provinsi,” ungkapnya.

Sementara untuk pergantian kertas suara baru akibat adanya pergantian kertas suara tersebut, dirinya mengaku sementara melakukan proses sortir, dan kemudian melihat jika masih ada kerusakan pada kertas suara yang baru.

“Yang baru ini sementara kami masih sortir untuk melihat adanya kerusakan tersebut, jika masih ada yang kami temukan maka akan segera dilaporkan untuk kemudian digantikan kembali,” urai Agussalim.

Penyaluran Logistik dari KPU Barru ke Tempat Pemungutan Suara (TPS)

Terkait penyaluran logistik, kata dia, dirinya akan segera melakukan hal tersebut dan rencananya akan disalurkan pada 25 Juni 2018 mendatang atau H-2 Pemungutan Suara, yang dilakukan mulai di tingkat Kecamatan hingga Kelurahan atau Desa dan sampai pada TPS sasaran.

“Mulai 25 atau H-2 pemungutan suara, kami sudah mulai melakukan penyaluran logistik pemilihan, jadi secara keseluruhan nantinya sudah kami salurkan yang dimulai pada apel persiapan,” ujar Agusssalim.

Terkait kekurangan logistik Pilkada, dirinya mengaku saat ini hanya ada beberapa logistik saja yang masih kurang, diantaranya formulir dan juga sampul.

“Saat ini yang kurang logistik kami hanya tersisa sampul dan juga formulir, namun itu sudah kami minta ke KPU Provinsi,” tambahnya.

Terkait pemusnahan kertas suara yang rusak, dirinya mengaku akan menunggu pleno Komisioner, bersama dengan Panwaslu dan Gakumdu.

“Untuk pemusnahannya dilakukan di KPU Barru, namun berita acaranya tetap kami kirimkan,” tutup Agussalim.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Pemkab Barru Siapkan Minimal Rp 20 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Alumni STPDN hingga IPDN Berpencar Salurkan Sembako di Barru

Ini Alasan Abdul Rahman Bando Terima Pinangan Appi

Selama Tiga Bulan ke Depan, Barru Tiadakan Retribusi Jasa Umum

Bersama Dandim dan Kapolres, Bupati Barru Keliling Imbau Warga Perangi Corona

Bersama Dandim dan Kapolres, Bupati Barru Keliling Imbau Warga Perangi Corona

Bupati Barru Ingatkan Semua Kades Lebih Serius Perangi Corona

Cegah Covid-19, DPR Dan KPU Sepakati Tunda Pilkada Serentak 2020

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar