KPU Verifikasi 15 Parpol Menuju Pileg 2019

Terkini.id, Parepare – 15 Partai Politik yang melakukan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) menyatakan dirinya melakukan pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, dan 15 Partai tersebut telah melakukan perbaikan dokumen.

Divisi Tekhnis Komisi Pemilihan Umum Kota Parepare, Sudirman, mengatakan, dari 15 Parpol yang melakukan pendaftaran semuanya telah melakukan perbaikan dokumen yang dianggap kurang pada saat dilakukan pemeriksaan awal.

“Sebanyak 15 Partai yang melakukan pendaftaran telah melakukan perbaikan dokumen, kekurangan saat pemeriksaan berkas awal,”katanya.

Sudirman, menuturkan, setelah pendaftaran tersebut kami kemudian lanjutkan dengan penelitian kelengkapan berkas dan keabsahan dokumen yang mereka serahkan.

“Setelah perbaikan kelengkapan dokumen kemudian kami akan lakukan penelitian kelengkapam dan keabsahan dokumen, yang akan berlangsung sampai pada 7 Agustus mendatang,”terangnya.

Dia menjelaskan, jika kemudian ditemukan adanya dokumen yang tidak sah sampai pada 7 Agustus, maka langsung dilakukan pencoretan nama tersebut.

“Jika Setelah diverifikasi kelengkapan dan keabsahan dokumen yang mereka serahkan, dan ditemukan dokumen yang tidak lengkap, maka Bacaleg tersebut akan langsung di coret, dan yang dinyatakan lengkap maka akan ditetapkan jadi daftar caleg sementara (DCS),”jelas Sudirman.

Sudirman, menuturkan, untuk Bacaleg yang berstatus PNS, maka cukup mengajukan surat pengunduran diri untuk sementara, namun dirinya wajib memasukkan SK pemberhentian sebelum penetapan DCT.

“Untuk yang berstatus PNS mereka hanya mengajukan surat pengunduran diri dulu, kemudian SK pemberhentian diserahkan satu hari sebelum penetapan,”urainya.

Berita Terkait