Kreatif, Tempat Sampah Liar Disulap Jadi ‘Taman Mantan’ di Gowa

Terkini.id, Gowa – Tempat sampah liar yang biasa ditemukan di pinggir jalan memang selalu meresahkan.

Selain mengganggu pengguna jalan dengan aroma tak sedap, tempat sampah liar juga menunjukkan kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

Tidak jarang ditemukan sebuah lokasi yang sudah terpasang papan peringatan untuk tidak membuang sampah di tempat tersebut. Namun, masih ada saja yang cuek dan tetap membuang sampahnya.

Nah, di tengah sulitnya membangun kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya, cara kreatif mahasiswa Unhas bersama para anak muda kreatif di Tamarunang, Gowa ini bisa dicontoh.

Mahasiswa KKN Tematik Universitas Hasanuddin, bersama Pemuda Kreatif Tamarunang, berinisiatif membangun sebuah taman di lokasi tempat pembuangan sampah di Jalan Dato Ripagentungan, Tamarunang, Gowa.

taman mantan, bekas tempat sampah

Di lokasi tersebut, selama ini beberapa titik memang selalu kotor karena jadi tempat pembuangan sampah liar. Banyak warga yang membuang sampah di lokasi tersebut, padahal bukan tempat pembuangan sampah.

Hingga akhirnya, mahasiswa KKN mengubah satu di antara tempat itu. Mereka membuat pagar yang dicat berwarna warni, ditanami bunga, hingga dipasangi aksesoris dan kalimat-kalimat lucu nan kekinian.

Beberapa kalimat menarik yang dipasangi, salah satunya “di sini tempat pembuangan mantan bukan tempat pembuangan sampah” menarik perhatian orang.

Karena terlihat cantik, masyarakat pun tidak tega membuang sampah di tempat tersebut.

Ketua Pemuda Kreatif Tamarunang, Yusri Yusran

“Taman Mantan ini kita buat atas kerja sama KKN Tematik Unhas dengan Pemuda Kreatif Tamarunang,” terang Ketua Pemuda Kreatif Tamarunang, Yusri Yusran, Jumat 2 Agustus 2019.

Dia menyebutkan, awalnya mahasiswa KKN bingung bagaimana cara supaya masyarakat tidak membuang sembarangan. “Lalu muncullah ide membuat tempat sampah ini jadi taman dengan gaya kekinian. Lalu kita namai Taman Mantan,” jelasnya.

Apresiasi Pemerintah

Kepala Kelurahan Tamarunang, Mukhtar Ninra

Kepala Kelurahan Tamarunang, Mukhtar Ninra, mengapresiasi langkah mahasiswa KKN bersama pemuda kreatif Tamarunang tersebut.

“Ini salah satu bentuk edukasi yang menarik, supaya masyarakat sadar tempat pembuangan sampah itu jorok dan sangat menganggu masyarakat sekitar,” ujar dia di sela-sela peresmian Taman Mantan tersebut.

Mahasiswa KKN Unhas, Soleh, mengungkapkan, kebetulan misi yang mereka bawa untuk ber-KKN di Tamarunang adalah mengatasi masalah persampahan.

“KKN ini temanya soal sampah dan sanitasi. Sehingga fokusnya adalah bagaimana tempat pembuangan sampah liar ini bisa diubah,” terang mahasiswa asal Jayapura tersebut.

Untuk membuat Taman Mantan itu, Soleh dan teman-temannya menghabiskan waktu hingga dua pekan lebih.

Berita Terkait