Kulit Dinosaurus Pertama di Dunia Akhirnya Ditemukan, Ini Penampakannya

Dinosaurus
Ilustrasi Dinosaurus. (foto: bibliotika.com)

Terkini.id – Hewan purbakala, Dinosaurus, memang sudah punah sejak lama. Namun berbagai penelitian terus dilakukan hingga saat ini untuk menjawab kebenaran tentang keberadaannya.

Tak hanya tulang-belulang, kali ini peneliti arkeologi menemukan kulit dinosaurus pertama di dunia. Rupanya, Dinosaurus yang diklaim pertama di dunia tersebut adalah Minisauripus.

Dilansir dari Independent, jejak dinosaurus pertama di dunia ini ditemukan di dekat Kota Jinju, Korea Selatan dalam penggalian besar. Setidaknya, ada lima jejak minisauripus yang ditemukan.

Dalam sejarah tercatat, Minisauripus tersebut terjebak oleh badai dan tanpa sengaja menginjak lumpur dan kemudian meninggalkan jejak. Jejak minisauripus ini yang lalu ditemukan dan awet.

Pertama kali, jejak Minisauripus ini ditemukan pada sebuah lempengan yang rusak. Diprediksi, akibat menginjak lumpur, tekstur kulit kaki minisauripus ikut terawetkan.

“Ini adalah jejak pertama yang pernah ditemukan di mana tayangan kulit sempurna menutupi seluruh permukaan setiap jejak,” kata peneliti Martin Lockley, dikutip dari IFL Science.

Kulit Minisauripus yang ditemukan masih terjaga dengan baik

Dinosaurus
Kulit dinosaurus pertama di dunia Minisauripus. (foto: Scientific Reports)

Penemuan ini disebut-sebut sebagai penemuan besar karena kulit dinosaurus tersebut masih begitu terjaga dengan baik. Jejak dinosaurus ini tercetak sempurna pada permukaan lumpur yang sangat tipis dan halus.

“Sisa-sisa jaringan lunak, seperti otot dan kulit, sebenarnya jarang terawetkan dengan baik. Namun, kali ini berbeda. Setiap jejaknya tergambar dengan sangat baik,” kata Lockley.

Saking baik dan terawat, jejak minisauripus ini memberikan kesan seolah dinosaurus kecil ini masih hidup sampai saat ini bersama manusia.

Sama seperti manusia, jejak Minisauripus ini memiliki pola kulit yang bervariasi dan berfungsi sebagai penanda berbeda dalam tiap anatomi.

Para peneliti melihat jejak kulit dinosaurus jenis minisauripus ini menyerupai ampelas medium dengan skala ukuran sepertiga atau setengah milimeter. Sekilas jenis kulit ini mirip dengan kulit mumi yang ditemukan pada burung berbulu dari China.

“Jejak dibuat pada lapisan lumpur halus yang sangat tipis. Agak seperti lapisan cat baru hanya setebal satu milimeter,” ujar Lockley.

Penemuan ini sukses menambah daftar panjang catatan dinosaurus di dunia. Apalagi untuk jenis Minisauripus, penemuan ini makin memperkaya pengenalan mengenai dinosaurus kecil yang langka dan terbatas.

Ke depannya, para peneliti sedang dalam usaha untuk terus melakukan penelitian dan penemuan terkait jejak kecil seperti kulit dinosaurus Minisauripus ini.

Komentar
Terkini