Kumuh Ditengah Kota, Kampung Ujung Ruku Ditangani Tiga OPD

Terkini.id,Pangkep – Meski masuk dalam wilayah ibukota Kabupaten, Kampung Ujung Ruku, Kelurahan Anrong Appaka, Kecamatan Pangkajene masih kumuh. Hal ini menjadi perhatian agar kampung yang dihuni keluarga nelayan ini menjadi lebih baik.

Tiga kepala bidang dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berbeda berkolaborasi berusaha membenahi kampung ini.

Kepala Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Dinas Pemukiman dan Tata Ruang, Akbar Yunus mengatakan prihatin dengan kondisi warga di kampung ini. Menurutnya, dengan kondisi wilayah yang jorok dan dihuni masyarakat miskin, maka dibutuhkan kolaborasi lintas OPD untuk membenahi kampung Ujung Ruku.

“Saya fokus ke masalah lingkungannya. Disana itu ada sungai yang sudah dangkal, kotor, airnya hitam yang digunakan anak-anak kampung mandi. Ini memperihatinkan sekali apalagi masih masuk wilayah kota,” ucapnya, Selasa 3 Juli 2018.

Untuk itu, ia meresmikan program lorong smart di kampung ini. “Kita benahi lingkungan disana berbasis partisipasi warga. Kita perbaiki lorong, sediakan material warga yang kerja. Dan yang terpenting sanitasinya kita benahi,” ujarnya.

Baca juga:

Sementara itu, Kepala Bidang Keluarga Berencana Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Aminah mencanangkan Kampung KB berwawasan lingkungan di kampung ini.

“Kampung ini salah satu kampung KB di Pangkep. Kita akan jadikan percontohan dengan mendorong masyarakat memanfaatkan lingkungan sekitarnya,” jelas Aminah.

Selain itu diberlakukan juga program bayar pajak dengan sampah oleh Kabid Pendapatan Dinas Pendapatan Daerah, Lukman Murtala.

Peresmian program pembenahan kampung Ujung Ruku yang merupakan inovasi para kabid yang sedang mengikuti Diklatpim III ini ditandai dengan kerja bakti bersama TNI dan warga serta penyuluhan pentingnya menjaga lingkungan.

Komentar

Rekomendasi

Ketua Demokrat Sulsel Salurkan Bantuan Paket Sembako ke Warga Pangkep

Bully dan Aniaya Penjual Jalangkote, 8 Pelaku Mengaku Cuma Iseng

Soal Kasus Perundungan di Pangkep, Anir: Semoga Tak Terulang

Gubernur Sulsel: Stop Perundungan Terhadap Anak

Komunitas Sepeda Makassar dan Pangkep Bantu Anak Korban Perundungan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar