Kunjungan ke Makassar, Dubes Malaysia untuk Indonesia Promosikan Potensi Wisata

Bussiness Matching bertajuk ‘MATTA Travel Exchange (MTEX).
Duta Besar Malaysia untuk Indonesia memukul gong sebagai tanda pembukaan Bussiness Matching bertajuk ‘MATTA Travel Exchange (MTEX).

Terkini.id, Makassar – Kunjungan pertama kali Duta Besar Malaysia untuk Indonesia begitu mendapat sambutan hangat dari para pelaku wisata di kota Makassar, Rabu 4 Maret 2020 di Hotel The Rinra Makassar.

Dalam lawatannya, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Zainal Abidin Bakar   untuk mempromosikan sejumlah potensi Malaysia, baik sektor pariwisata, pendidikan hingga kesehatan.

Diketahui, sebelum melakukan promosi di kota Makassar, kunjungan serupa juga telah sukses dilakukan tahun sebelumnya seperti Semarang,Solo, Aceh, Medan, Pekanbaru, Balikpapan, dan Samarinda.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Zainal Abidin Bakar
Sambutan Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Zainal Abidin Bakar

Datuk Zainal Abidin Bakar mengatakan Kota Makassar Sulawesi Selatan merupakan kota pertama dalam rangkaian misi promosi di tahun 2020. Menurutnya, Makassar adalah pintu masuk dari kawasan Timur Indonesia yang begitu pesat. Berharap hubungan sektor investasi dan ekonomi antara Indonesia dan Malaysia harus ditingkatkan.

“Ini kali pertama saya berkunjung di kota Makassar Sulawesi Selatan. Kotanya sangat berpotensi sehingga berharap hubungan sektor investasi dan ekonomi antara Indonesia dan Malaysia harus ditingkatkan,” bebernya.

Disebutkan bahwa kunjungan Duta Malaysia untuk Indonesia ke Makassar Sulawesi Selatan ini, turut didampingi Kerajaan Malaysia di Kedutaan seperti Tourism Malaysia, Education Malaysia, Matrade. Konsular dan Imiggrasi, Atase Agama dan Kastam.

Bussiness Matching bertajuk ‘MATTA Travel Exchange (MTEX).
Bussiness Matching bertajuk ‘MATTA Travel Exchange (MTEX).

Dalam sambutannya, Datuk Zainal mengatakan bahwa dalam misi promosi ke Makassar untuk mempromosikan agenda pariwisata Malaysia yakni Visit Malaysia 2020 (VM2020) adalah sebuah agenda nasional kerajaan yang bertujuan untuk meningkatkan wisatawan ke Malaysia.

“Kami menyasar sekitar 30 juta wisatawan dari seluruh dunia dengan target transaksi pendapatan 100 juta Ringgit. Dan untuk wisatawan Indonesia sendiri, kami menargetkan sebanyak 4 juta orang,” beber Datuk Zainal.

Pon penting kunjungannya ke Makassar ini, Datuk Zainal menegaskan yaitu misi promosi Visit Malaysia. Ia juga menyebutkan serangkaian lawatannya ini turut membawa 21 seller dari Malaysia untuk ikut Bussiness Matching bertajuk ‘MATTA Travel Exchange (MTEX).

“Mereka ini hadir untuk bertemu dengan pelaku usaha jasa travel agent maupun pelaku industri pariwisata di kota Makassar Sulawesi Selatan,” sambungnya lagi.

Bussiness Matching bertajuk ‘MATTA Travel Exchange (MTEX).
Bussiness Matching bertajuk ‘MATTA Travel Exchange (MTEX).

Di sela-sela sambutannya, Datuk Zainal turut mempromosikan beberapa keunggulan sektor lain yang dimiliki Malaysia, seperti pendidikan dan bidang kesehatan.

“Kali ini kami juga menyampaikan untuk menjalin hubungan baik antar institusi pemerintahan dan swasta. Kami ingin memperluas hubungan kerjasama dengan pemerintah Sulawesi Selatan, persatuan pelajar Malaysia di Makassar dan juga diaspora Malaysia di Makassar,” pungkasnya.

Di akhir sambutannya, Datuk Zainal tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Sulawesi Selatan dan juga kepada DPD ASITA Sulawesi Selatan, MATTA Selangor dan semua pihak-pihak lainnya.

“Saya berharap kerjasama kedua Negara ini akan saling memberikan keuntungan baik di bidang ekonomi antara Indonesia maupun Malaysia,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Tourism Malaysia, Roslan Othman menyampaikan bahwa Malaysia sebenarnya sudah dikenal oleh masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya Makassar.

“Apalagi dengan adanya penerbangan langsung dari Makassar ke Kualalumpur, tentunya semakin memudahkan aksesibilitas untuk berkunjung ke Malaysia baik untuk berwisata, berobat maupun transit umrah,” terangnya.

Di samping itu, Ketua DPD ASITA Sulawesi Selatan, Didi Leonardo Manaba dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Duta Besar Malaysia untuk Indonesia di kota Makassar, begitu juga kepada seluruh travel agent yang datang dari Malaysia.

Bussiness Matching bertajuk ‘MATTA Travel Exchange (MTEX).
Bussiness Matching bertajuk ‘MATTA Travel Exchange (MTEX).

Didi mengajak warga Sulawesi Selatan untuk ikut fokus menghidupkan hubungan antara Malaysia dan Makassar Sulawesi Selatan. Apalagi kata dia, Makassar sebagai pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia ini dinilai menjadi starting penting bagi warga menuju Malaysia.

“Kita punya market potensial di kota Makassar untuk ke Malaysia, tetapi banyak juga destinasi di Malaysia yang sangat potensi dikunjungi oleh Citizen Indonesia khususnya dari Makassar,” urai Didi dalam sambutannya.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri seratusan jasa travel di Sulawesi Selatan. Kemudian juga turut dihadiri pejabat Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan, Pemkot Makassar, awak media, dan tamu undangan lainnya.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Taman Wisata Puncak Bila Tutup Sementara, Ini Alasannya

Wabah Covid-19, Sektor Pariwisata Kota Makassar Anjlok

Nikmati Panorama Alam Samarinda di 5 Destinasi Berikut Ini!

Yuk Berburu Foto Cantik di 5 Destinasi Instagrammable Semarang Ini

5 Kelebihan Airy Syariah ini Cocok untuk Wisata Halal di Padang

4 Tempat Wisata Kuliner Halal di Yogyakarta

Seru-Seruan Bareng Keluarga di Malang? Nih, Rekomendasi Tempatnya

Keren, Inilah Pammase Dewata, Obyek Wisata Baru di Sidrap

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar