Kupas Perkembangan Digital Ekonomi, Genbi Sulsel Gelar Dialog

Genbi
Kupas Perkembangan Digital Ekonomi, Genbi Sulsel Gelar Dialog

Terkini.id, Makassar – Generasi Baru Indonesia (Genbi) Sulawesi Selatan mengadakan kegiatan Talkshow Digital Ekonomi, Selasa, 27 Agustus 2019, di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel, Jalan Sultan Alauddin, Makassar.

Kegiatan ini dihadiri oleh narasumber dari Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan, moderator Ahmad Kafrawi Mahmud, S.Pd., M.Si selaku dosen Ilmu Ekonomi UINAM, Pegawai Dinas Perpustakaan Provinisi, rekan-rekan pengurus GenBI, serta peserta Talkshow dari berbagai kampus di Makassar.

Talkshow dengan tema “Peran Bank Indonesia dalam Digital Ekonomi ini diadakan guna memberi edukasi ke masyarakat mengenai perkembangan era digital yang menghadirkan banyak data-data baru terbentuk dengan prinsip “Era Revolusi 4.0”.

Hal tersebut juga berkaitan dengan tugas BI yang menjembatani transaksi dan sistem pembayaran.

Dalam materi talkshow ini, BI sangat menekankan bagaimana digital ekonomi perkembang pesat saat ini. Kemudian, mengkategorisasi hal tersebut sesuai kondisi yang ada di Indonesia, antaranya on demand services, fintech, dan e-commerce. Namun, kategorisasi ini tidak berlaku secara universal.

“Ekonomi digital adalah transformasi digital yang memengaruhi sektor sosial dan ekonomi yang berasal dari peningkatan interkonektifitas dari fungsi pekerjaan yang semakin canggih,” ujar Manajer Fungsi Koordinasi, Komunikasi, dan Kebijakan KPw BI Sulsel, Andi Widianto.

“Aktivitas digital ekonomi indonesia tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari lingkungan rumah, perpustakaan, kantor dan tempat lainnya ssmua terdapat ekonomi digital di sana,” sambungnya.

Semua jenis kebutuhan, kata dia, dari segala aspek kehidupan sudah terdapat penerapan dari ekonomi digital.

“Ekonomi digital ini dapat dilihat dari semakin banyaknya aplikasi yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Baik kebutuhan dalam bidang pembayaran, persuratan, transportasi, kesehatan, dan yang lainnya,” ujarnya.

“Tentunya ekonomi digital ini dapat mempermudah segala aktivitas yang dilakukan,” pungkasnya.

Citizen Reporter: Aulia Fajriani Kamaruddin

Berita Terkait