Kupas Rahasia Sukses Asesmen Kompetensi dalam Dunia Kerja, reformaZi 98 Gelar Webinar

Kupas Rahasia Sukses Asesmen Kompetensi dalam Dunia Kerja, reformaZi 98 Gelar Webinar

Terkini.id, Makassar – Alumni Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) Angkatan 1998 (ReformaZi 98) menggelar Webinar dengan mengusung tema “Kiat, Kunci dan Rahasia Sukses” dalam asesmen kompetensi untuk masuk dunia kerja dan promosi karyawan dalam kaitan dengan sertifikasi kompetensi.

Kegiatan tersebut digelar secara virtual lewat Zoom pada Sabtu, 26 September 2020.

Sebanyak kurang lebih 100 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa, fresh graduate, konsultan, praktisi, perbankan, instruktur mengikuti kegiatan itu

Ketua Divisi Campus & Link Government reformaZi 98, Ony Suhardiman mengatakan, webinar tersebut merupakan seri kedua dari rangkaian webinar yang dilaksanakan oleh reformaZi 98 Teknik Unhas angkatan 1998 dan terbuka untuk umum.

“Acara berlangsung selama 3 jam dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB,” ujarnya.

Menarik untuk Anda:

Hadir sebagai pembicara yakni DR. Ir. Irwan Usman, ST., MM., IPU selaku Ketua DPN Asosiasi Assesor Indonesia Pusat Periode 2020 – 2025 yang juga merupakan Alumni Teknik Unhas angkatan 1998.

Sementara panelis dalam webinar itu yakni Muh. Umar Sun, ST (Product support and Service Manager PT. Patria Maritim Perkasa), Alumni 98 Teknik Unhas Jurusan Perkapalan.

Dan selaku moderator yakni Alyssa Hudaya, Mahasiswi Teknik Unhas angkatan 2017 Jurusan Teknik Lingkungan.

Perserta dari webinar ini terdiri dari kalangan mahasiswa, fresh graduate, konsultan, praktisi, perbankan, instruktur dan dari kalangan lainnya.

Dr. Ir. Irwan Usman selaku pembicara mengharapkan calon interviewer yang akan mengikuti interview atau assessment perlu mempersiapkan diri sebelum interview berlangsung.

Menurutnya, saat interview peserta harus menyampaikan informasi yang dibutuhkan pihak assesor.

Hal itu, kata Irwan, berdasarkan pengalamannya yang telah melakukan interview ke lebih dari 1000-an peserta.

“Banyak peserta interview yang menyampaikan informasi tidak sesuai dengan yang diharapkan karena peserta interview tidak dapat membaca arah dan maksud pertanyaan pihak asesor,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menjabarkan inti dari materi asesmen yakni sebuah proses mengumpulkan bukti-bukti kemudian membandingkan bukti-bukti tersebut dengan standard dan membuat keputusan apakah seseorang itu K/BK.

“Asesmen dilaksanakan oleh asesor kompetensi,” jelasnya.

Adapun Dasar Hukum terbaru dari Sistem Kompetensi Nasional, kata Irwan, adalah Peraturan Pemerintah No. 10 Tahun 2018 tentang BNSP.

“Seperti apakah standar kompotensi jabatan? Adalah standar yang dikembangkan mengacu kepada jabatan-jabatan yang ada pada institusi / lembaga/industry sebagai penjabaran struktur organisasi. Dimana salah satu metode wawancara atau interview adalah istilah STAR , Situation, Task, Action and Result,” ujar Irwan.

“Untuk best practice ada beberapa inti di antaranya, lulusan sarjana harus memiliki kompetensi teknis untuk masuk dunia kerja, pelatihan keahlian harus intensif diikuti dan terstruktur dengan implementasi asesmen sertifikasi berbasis kompetensi,” sambungnya.

Berikutnya, lanjut Irwan, yakni untuk kebutuhan promosi karyawan harus membekali diri untuk menghadirkan bukti bahwa anda kompeten.

“Kunci sukses masuk dunia kerja adalah ?ampu masuk screening dengan CV atau resume yang memukau, mampu berbahasa Inggris, mampu melewati interview dan mampu membuktikan kompetensi teknis sesuai yang dibutuhkan dalam aplikasi lamaran,” pungkasnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Bersatu Padu, Danny Pomanto Resmikan Posko Pemenangan di Kelurahan Bongaya

Soal Dugaan Politisasi PKH, Fatma: Tungguma’

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar