Lagi Viral di Media Sosial, Inilah Arti Kata ‘Tuman’

Viral
Meme 'Tuman; lagi viral di media sosial. (foto: Ist)

Terkini.id – Akhir-akhir ini jagat media sosial diwarnai dengan kata ‘Tuman’. Kata tersebut disematkan dalam gambar yang saat ini viral di warganet.

Sebagian besar orang menganggap kata tersebut merupakan kata kotor yang tak pantas untuk diucapkan. Dari meme yang beredar, terlihat gambar dua sosok laki-laki botak sedang berhadapan. Lalu laki-laki yang satu menampar pipi laki-laki di hadapannya.

Yang membuat meme tuman ini menarik adalah kata-kata dan ceritanya yang selalu menggunakan tuman dan menampar temannya.

Nah, sebenarnya apa arti tuman? Lalu, apa kaitannya tuman dengan menampar seseorang?

Dilansir dari Sastrawacana, tuman adalah istilah Jawa yang memiliki banyak makna, namun berkaitan dengan sifat. Mudahnya, tuman bisa diartikan sebagai sebuah kebiasaan (tingkah laku).

Sejatinya, makna tuman ini biasa dipakai dalam percakapan sehari-hari. Percakapan yang dimaksud tersebut adalah percakapan dalam bahasa Jawa dan bahasa Sunda.

Menurut Kamus Lengkap Jawa-Indonesia, tuman berarti terbiasa, selalu senang akan, ingin mengulangi lagi (karena sudah pernah merasakan enaknya).

Arti kata ‘Tuman’ menurut KBBI

Tuman
Meme Tuman

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tuman berasal dari kata tu·man yang artinya menjadi biasa (suka, gemar, dsb) sesudah merasai senangnya, enaknya, agar tidak berbuat begitu, hajarlah ia kalau kebetulan ketahuan sedang berbuat.

Jadi, tuman adalah sebuah umpatan atau ungkapan kesal yang ditujukan kepada seseorang karena tingkah laku atau kebiasaan buruknya.

Sebagai contoh, ada seseorang yang suka berbohong. Maka untuk menegur dan memarahinya, kita bisa menggunakan kata tuman.

Biasanya kata tuman diucapkan bersamaan dengan gerakan fisik, seperti menjewer atau mencubit yang tujuannya untuk memberikan efek jera.

Misalnya seorang ibu yang kesal ketika anaknya selalu nangis ketika dimandikan, maka ibu tersebut akan mengucapkan “tuman” sembari menjewet atau mencubit anaknya.

Maka dari itu meme tuman menggunakan gambar menampar. Itu adalah sebuah simbol atau bentuk kekesalan terhadap sesuatu yang diulang-ulang atau kebiasaan buruk.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang arti tuman yang lagi viral belakangan ini. Sekarang sudah tahukan apa arti tuman?

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Info 13 Juta Orang Gila Mencoblos Itu Hoax

Terkini.id, Jakarta - Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, menyampaikan Haikal Hassan melalui media sosial (twitter.com/haikal_hassan) tentang orang gila yang ikut
News

KPU: Sudah 225 Orang Petugas KPPS Wafat

Terkini.id, Jakarta - Jumlah anggota panitia Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia saat bertugas bertambah menjadi 225 orang.Komisioner KPU Viryan Aziz mengungkapkan,