Lappalaona destinasi unik dan berpotensi berkembang di Barru

Pesona Lappalaona Barru sebuah destinasi terbaru, unik dan potensi untuk dikembangkan / Ana

Terkini.id, Barru – Kepala Dinas Pariwisata, Andi Syarifuddin menilai destinasi wisata Barru yang unik ada di Barru yakni Lappalaona, dimana wisata ini sendiri terletak di Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru.

Hal tersebut diungkapkan pada saat kumpul bincang santai bersama Forum Jurnalis Barru (FJB) di Gazebo milik salah satu wartawan di Barru, Selasa 27 Maret 2018

Wisata yang lain menurutnya sudah dimiliki sejumlah daerah lain yang ada di Sulsel, seperti hutan mangrove yang ada di pulau Pannikiang, Desa Madello, Kecamatan Balusu itu juga sudah ada di Kabupaten Sinjai.

“Yang paling berpotensi itu di Barru, yakni Lappalaona, karena kalau destinasi lain itu seperti hutan mangrove di pulau Pannikiang sudah ada daerah lain yang miliki yakni Kabupaten Sinjai,”ujarnya.

Lanjut Syarifuddin, melihat bahwa keunikan Lappalaona adalah objek yang mengandalkan highland atau ketinggiannya dengan hamparan datar yang begitu luas nan indah.

“jika daerah lain kita ingin menikmati puncak gunung pasti tidak seluas Lappalaona karena di destinasi tersebut kita bisa nikmati dengan hamparan datar yang sangat luas,”ujarnya.

Tidak hanya itu Syarifuddin juga menambahkan kalau destinasi wisata puncak Lappalaona dinikmati dengan tidak perlu melalui pendakian, bahkan bisa menggunakan kendaraan melalui hamparan yang datar kita bisa langsung mengaksesnya.

“Karena keunikan ini yang menurut saya, Lappalaona menjadi destinasi wisata yang memungkinkan akan lebih populer dari destinasi wisata yang ada di Kabupaten Barru,”papar mantan Camat Mallusetasi ini.

Dan untuk pengembangannya sendiri akan dibangun yakni menara pandang, gazebo, pagar pembatas,  Mushollah dan taman, dengan kisaran anggaran mencapai Rp.750 juta yang diambil dari dana Alokasi Khusus (DAK) 2018.

“Lappalaona sekarang menjadi fokus pengembangan di tahun 2018, jadi kita sudah siapkan anggaran DAK untuk membangun menara pandang, gazebo, pagar pembatas, musholla serta taman. agar dengan hadirnya fasilitas tersebut akan menjadi daya tarik baru bagi para pengunjung,”jelasnya.

Berita Terkait