Larang Perpindahan Pegawai, Pj Wali Kota Makassar Siapkan Satu Perwali

Pj Wali Kota Makassar
Pj Wali Kota Makassar M Iqbal S Suhaeb

Terkini.id, Makassar – Pj Wali Kota Makassar M Iqbal S Suhaeb merencanakan membuat satu peraturan wali kota (Perwali) yang intinya melarang perpindahan pegawai atas permintaan sendiri.

Hal tersebut sebagai respons terhadap kondisi masyarakat di Pulau Barrang Caddi dan Barrang Lompo ihwal pendidikan dan kesehatan yang tak memadai.

“Masyarakat di pulau ternyata masalahnya lebih banyak kepada tenaga kesehatan dan guru,” kata Iqbal saat dimintai keterangan di Rujab Wali Kota Makassar, Sabtu, 18 Mei 2019.

Dalam pengamatanya, Iqbal menuturkan bahwa masalah pendidikan dan kesehatan di pulau disebabkan banyaknya orang yang menggunakan fasilitas pengangkatan pegawai. Mereka, kata Iqbal, mengambil jatah pulau.

“Pada saat terangkat mereka pindah ke kota (Makassar),” ujarnya.

Menurut Iqbal, pegawai yang terangkat di kepulauan dalam waktu yang tak berselang lama membuat alasan untuk pindah ke kota. Hal tersebut, kata dia, menyebabkan ketidakstabilan tenaga pengajar dan kesehatan.

“Alasannya biasa macam-macam, ikut orangtua, ikut istri, ikut suami. Baru mereka di angkat pake jatah pulau lalu pindah begitu saja. Itu banyak kasus,” ungkap Iqbal.

Pj Wali Kota enggan menggenaralisasikan pulau-pulau lain

Kendati demikian, Iqbal enggan menggenaralisasikan pulau-pulau lain dengan alasan belum berkunjung ke sana.

Namun, ia memastikan menyikapi kondisi kepulauan terkait kekurangan tenaga pengajar dan tenaga kesehatan.

Sebelumnya, Iqbal mengunjungi Pulau Barrang Caddi dan Barrang Lompo di Kepulauan Sangkarrang dalam rangka safari Ramadhan sekaligus mendengar aspirasi masyarakat.

Berita Terkait
Komentar
Terkini