Lawan Lupa dengan Labu Siam dan Beragam Manfaat Lain Sayuran Ini

Labu Siam, sayur dengan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Sumber : hellosehat

Terkini.id – Labu Siam atau yang banyak dikenal dengan sebutan labu Jepang atau Jipang dan di beberapa daerah lain menyebutnya manisah. Buah labu siam merupakan jenis sayuran yang umum diperoleh dihampir semua pasar di Indonesia.

Memiliki tekstur daging buah berwarna putih dan memiliki banyak kandungan air. Bua ini sangat digemari masyarakat Indonesia.

Tahukah Anda ternyata buah ini punya banyak manfaat loh untuk kesehatan tubuh terutama untuk ketajaman otak.

Berikut beberapa manfaat labu siam seperti melansir dari rndhealthtips.com

Mempertajam Ingatan Otak
Labu siam kaya akan kandungan vitamin B6 yang berguna untuk merangsang kinerja otak. Kandungan vitamin B6 sebanyak 4% yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan mengingat dan memaksimalkan fungsi otak lainnya. Mengonsumsi labu siam secara rutin bisa mengurangi sifat pelupa.

Membantu tubuh memperoleh lebih banyak energi
Di dalam labu siam mengandung mangan sebanyak 9% dan porsi ini cukup untuk memenuhi kebutuhan energi di dalam tubuh.
Mengonsumsi sayuran ini membuat stamina Anda tetap terjaga meski sedang berpuasa. Anda bisa mengonsumsinya hanya dengan direbus atau dibuat masakan tumis dan sebagainya.

Mengurangi lelah dan rasa sakit pada kaki
Labu siam juga mengandung potasium yang cukup tinggi sebanyak 4%. Fungsi potassium membantu tubuh tetap fit, terutama untuk gerakan kaki melangkah.

Kekurangan potassium membuat tubuh mudah lelah dan kaki terasa berat untuk melangkah. Cegah dengan mengonsumsi labu siam secara rutin setiap hari supaya tubuh mendapatkan kecukupan potasium.

Membantu menjaga kesehatan jantung
Selain memiliki kandungan vitamin B yang tinggi, labu siam juga memiliki kandungan folat yang sangat tinggi sebanyak 23%. Manfaat folat dan vitamin B ini membantu mengontrol asam amino dalam darah dang mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Membantu menjaga pencernaan
Labu siam juga mengandung vitamin C dan serat yang sangat baik untuk membantu proses pencernaan dalam lambung dan membantu membuang sisa-sisa pencernaan dalam tubuh.

Mengurangi dan mencegah jerawat
Labu siam mengandung zinc yang tinggi yaitu sebesar 5%. Kandungan ini membuat kulit tidak mudah berjerawat. Mengonsumsi zinc dan memenuhi kebutuhan dalam tubuh mampu mengurangi jerawat hingga 50%.

Menjaga kelenjar tiroid tetap sehat
Labu siam juga memiliki kandungan tembaga sebesar 6% dan ini sangat penting dalam membantu iodium dalam menjaga tiroid tetap sehat. Memenuhi kebutuhan tembaga dalam tubuh membantu menjaga tiroid yang menghasilkan hormon-hormon pengatur metabolisme, suhu tubuh, denyut jantung dan metabolisme tubuh lainnya.

Kekurangan tembaga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Biasanya masalah seperti migrain, alergi, perasaan depresi dan tidak menentu menjadi salah satu penanda tubuh kekurangan tembaga.

Menjaga kesehatan tulang
Labu siam juga mengandung vitamin K yang berperan penting dalam membantu luka berdarah cepat kering dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Membantu mencegah kanker
Kandungan vitamin C yang tinggi menjadi salaah satu penangkal radikal bebas sehingga menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan. Sehingga mencegah tubuh terkena kanker. Kandungan vitamin C dalam labu siam sebesar 13%.

Membantu mengurangi risiko kram otot
Labu siam juga mengandung magnesium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan otot. Beberapa penelitian mengungkapkan tubuh yang kekurangan magnesium akan lebih cepat mengalami kram otot.

Nah, tunggu apalagi, pastikan Anda sekeluarga mengonsumsi labu siam. Sayuran ini bisa diolah dengan banyak menu beragam sebagai campuran sayur lainnya. Anda bisa juga mengonsumsinya hanya dengan merebusnya.

Komentar
Terkini