Lewat Diplomat Success Challenge, Wismilak Foundation Beri Kesempatan Generasi Milenial Berwirausaha

Wismilak
Lewat Diplomat Success Challenge, Wismilak Foundation Beri Kesempatan Generasi Milenial Berwirausaha

Terkini.id, Makassar – Wismilak Foundation menggelar roadshow di Kota Makassar sebagai ajang akbar kompetisi kewirausahaan Diplomat Success Challenge ke-10 (DSC|X).

Hingga kini, ajang tersebut meraih antusiasme tinggi kepesertaan dari para wirausahawan muda nasional sejak pendaftaran dibuka secara daring pada 15 Mei lalu dihelat di Goedang Popsa, sebuah restoran dan coworking space di tengah Kota Makassar dengan pemandangan keindahan Pantai Losari.

Wismilak Foundation terus menggalakkan kewirausahawan, salah satunya memberikan kesempatan generasi milenial menjadi seorang wirausaha melalui Diplomat Succes Challenge (DSC|X)

Penyelenggara DSC|X Nuriady mengatakan, para milenial berusia 18-45 tahun bisa mengikuti ajang kompetisi tersebut. Dalam DSC para milenial bakal beradu gagasan dan ide untuk menjadi wirausahawan.

“DSC Ini dirancang bagi mereka yang berusia 18-45 tahun, memiliki usaha atau ide bisnis kreatif, menyukai tantangan dan pekerja keras dalam berwirausaha,” kata Nuriady di Goedang Popsa, Selasa, 9 Juli 2019.

Ia mengatakan, tahun ini DSC|X bekerja sama dengan Coworking Indonesia untuk mengadakan berbagai kampus dan coworking space di sembilan kota di Indonesia, dengan tujuan memberikan pengetahuan dan wawasan tentang kewirausahaan.

“Target pertumbuhan wirausaha memang penting, tapi tak kalah penting juga adalah bagaimana agar para pelaku wirausaha tersebut siap menghadapi tantangan industri 4.0,” tutur dia.

Nuriady menambahkan, dalam DSC nantinya para peserta mendapatkan modal hingga Rp 2 miliar. Selain itu, peserta DSC juga dimentor oleh entreprenuer ternama.

“Diharapkan pada tahun ke-10, DSC tahun 2019 dapat menjaring antusias peserta melalui proposal bisnis yang akan diikutsertakan nantinya,” ucap dia.

Penggagas DSC|X sekaligus Marketing Community dan Event Manager Wismilak, Edric Chandra menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Makassar dan secara lebih luas, Sulawesi Selatan yang tinggi begitu berkesinambungan dengan tumbuhnya wirausahawan mudanya.

“Apalagi ada komitmen kuat berbagai pihak untuk mendorong pencapaian jumlah wirausahawan baru di atas dua persen dari jumlah penduduk,” kata dia.

Menurut Edric berbagai program terobosan diikhtiarkan secara sinergis oleh stakeholder, khususnya di kalangan anak muda, memungkinkan lahirnya pebisnis muda yang berperan sebagai pencipta lapangan kerja (job creator).

Di dalam roadshow ini, kata dia, para peserta akan mendapatkan pengetahuan mengenai wawasan kewirausahaan dan informasi terkait dengan mekanisme submisi proposal DSC|X.

“Perhelatan DSC|X tahun 2019 ini hadir dengan format baru yang telah disempurnakan dari tahun ke tahun. Format baru tersebut memberikan jangkauan lebih luas kepada calon wirausahawan muda di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi. Tidak hanya mendapatkan hibah sebesar Rp 2 miliar,” terangnya.

DSC|X juga memberikan pendampingan oleh mentor-mentor yang mempunyai pengalaman wirausaha dan sukses di bidangnya masing-masing selama masa inkubasi.

“Kami berharap roadshow ini menjadi sebuah ajang yang tidak hanya menginspirasi namun juga mitra strategis bagi kaum muda yang terjun ke dunia usaha untuk dapat meraih kesuksesan,” tutup Edric bersemangat.

Potensi wirausahawan muda Makassar

Sementara itu, Mentor Nasional DSC|X 2019 sekaligus Venture Capitalist dan Angel Investor, Michael Tampi menyampaikan bahwa dirinya melihat potensi wirausahawan muda Makassar, secara umum yang memiliki keistimewaan berada di di pintu gerbang Indonesia Timur memiliki banyak keuntungan geografis.

“Potensi itu, antara lain mulai dari sumber daya alam, kreatif, sampai digital yang bisa jadi peluang besar bagi teman-teman di Makassar, dan begitu pula Indonesia bagian timur lainnya,” kata dia.

Lebih jauh, Michael menjelaskan bahwa intinya adalah kaum muda bisa berfokus pada solusi apa yang bisa diberikan dari bisnis yang ingin diwujudkan. Wirausawan muda Makassar harus mempersiapkan diri dengan terus belajar.

“Dunia digital memberi kita kesempatan untuk meraih segala pengetahuan dan bekal berwiraswasta, bahkan menemukan network yang tepat. Saya telah banyak melihat teman-teman yang berhasil dengan tidak berdiam diri atas keterbatasan yang ada,” terangnya.

Bahkan, kata dia, dirinya melihat sendiri seorang yang tidak berhasil menyelesaikan kuliahnya, namun mampu meraih keberhasilan di dunia wirausaha. Itu terwujud tidak lain karena ketekunannya belajar dari dunia digital.

“Mentalitas ini yang harus kita miliki untuk meraih keberhasilan,” tutupnya.

Roadshow Makassar mendatangkan sejumlah narasumber yang memiliki pengalaman dan kemampuan kuat dibidang kewirausahaan seperti Mentor Nasional DSC X 2019 sekaligus Venture Capitalist dan Angel Investor, Michael Tampi dan Andi Mattuju, local hero dan Founder Mattuju Group, dan WMU Beauty Producer, serta Didi Diarsa dari Coworking Indonesia.

Berita Terkait
Komentar
Terkini