Lewat FGTS 3, Formasita Bakal Gelar Study Tour ke Ibu Kota

Terkini.id, Makassar – Setelah sukses melaksanakan FGTS 1 di tahun 2020 dan FGTS 2 di tahun 2021, kini Forum Mahasiswa Beasiswa Aspirasi Tamsil Linrung (Formasita) akan kembali menggelar Formasita Goes To Senayan Season 3 (FGTS 3) yang akan diselenggarakan pada Januari 2022 mendatang.

Berbeda dengan pelaksanaan FGTS sebelumnya,  FGTS 3 kali ini bukan hanya mengunjungi ibu kota negara yakni Jakarta, tetapi juga akan melakukan “ekspedisi budaya” dengan mengunjungi beberapa tempat di Bogor, Yogyakarta dan Surabaya dengan mengusung tema “Gapura Anak Bangsa”.

Wakil Ketua II bidang SDM Formasita, Muhammad Edwin Ilyas menyebutkan, FGTS 3 merupakan salah satu program kerja terbesar Formasita yang dinaungi oleh Kluster 3 Bidang Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Formasita. 

Baca Juga: Formasita Rencana Jadikan Desa Nisombalia Sebagai Desa Binaan

“Agenda FGTS berupa kuliah umum, studi tur di beberapa lembaga tinggi negara dan ekspedisi budaya di Yogyakarta dan Surabaya” ucap Edwin, Senin 18 Oktober 2021.

FGTS kali ini bukan hanya berfokus pada bidang pendidikan namun juga diselipkan agenda lain yakni Ekspedisi budaya yang ada di Yogyakarta dan Surabaya.

Baca Juga: Wujudkan Rencana Strategi Organisasi, Formasita Laksanakan Pembinaan Anggota Periode 2

FGTS 3 kali ini dibuka umum kepada seluruh mahasiswa/pelajar SMA se-derajat se-Sulawesi Selatan. 

Pelaksanaan Kegiatan ini tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 dan mewajibkan seluruh peserta melakukan vaksinasi 1 dan 2.

Belum diketahui pasti berapa peserta yang akan diloloskan dan diberangkatkan pada kegiatan ini, namun peserta diimbau untuk mengikuti setiap tahapan seleksi secara maksimal. 

Baca Juga: Wujudkan Rencana Strategi Organisasi, Formasita Laksanakan Pembinaan Anggota Periode 2

Sejak dibukanya pendaftaran pada 4-14 Oktober 2021 lalu, pendaftar mencapai 203 orang. Sementara, peserta yang dinyatakan lolos seleksi tahap 1 sebanyak 188 orang yang tersebar di 20 Kab/Kota se-Sulawesi Selatan, 21 Perguruan Tinggi dan 8 SMA se-derajat. 

“FGTS 3 pada dasarnya bertujuan untuk mengembangkan kapasitas pemuda sebagai generasi penerus bangsa agar memiliki kompetensi skala global. Semoga kegiatan FGTS 3 sukses dilaksanakan pada 2022 mendatang,” ujar Edwin.

Citizen Reporter : Risfa (Sekretaris Umum Formasita)

Bagikan