Lewat Musrenbang, Pemkab Bulukumba beri ruang untuk anak

Peduli Anak, Pemkab Bulukumba akan helat Musrenbang Anak

TERKINI.id, BULUKUMBA – Di awal tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Bulukumba akan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) khusus untuk anak-anak atau disebut Musrenbang Anak. Kegiatan Musrembang Anak diselenggarakan sebagai ruang dalam upaya menggali aspirasi dan kebutuhan anak-anak sebagai salah satu elemen dari warga masyarakat Bulukumba, serta mewadahi anak-anak untuk menyalurkan hak partisipasinya dalam pembangunan daerah.

Musrenbang tersebut akan digelar untuk tingkat kecamatan di sepuluh kecamatan, dan akan berlanjut pada Musrenbang Anak tingkat Kabupaten. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, pihak Bappeda selaku leading sektor merekrut pendamping Musrenbang di setiap kecamatan yang diambil dari anggota Forum Anak Kabupaten yang telah terbentuk.

Para pendamping mereka rata-rata berasal dari siswa SMA sederajat. Sebelum pelaksanaan Musrenbang Anak, para pendamping mengikuti Training of Trainers (ToT) sebagai bekal dalam memfasilitasi pelaksanaan musrenbang yang akan digelar pada tanggal 15 hingga 26 Januari 2018 mendatang.

Kepala Bappeda A Syafrul Patunru mengatakan usulan atau hal-hal yang menjadi rekomendasi dari Musrenbang Anak akan menjadi rekomendasi pada saat pelaksanaan Musrenbang reguler yang selama ini telah dilaksanakan. Unsur peserta dari musrenbang tersebut berasal dari kalangan siswa baik sekolah negeri, maupun Madrasah, para anak menyandang disabilitas, anak putus sekolah, anak bekerja usia sekolah dan lain sebagainya.

Menarik untuk Anda:

“Musrenbang Anak ini adalah hal yang baru kita lakukan, sehingga diperlukan masukan dan saran dalam rangka mencari formulasi dan konsep ideal terkait pelaksanaan Musrenbang Anak di Kabupaten Bulukumba,” ujar A Syafrul.

Dikatakan Syafrul pada pelaksanaan Musrenbang Anak pendamping kecamatan, maupun pendamping bidang dari Bappeda akan membantu mengarahkan usulan dari peserta Musrenbang, serta membuat list skala prioritas usulan kegiatan.

Usulan kegiatan, lanjut Syafrul sama dengan Musrenbang reguler dibagi 3 bidang yakni ekonomi, sosial budaya, dan prasarana wilayah. Selanjutnya 1 sampai 5 usulan teratas masing-masing bidang akan diusulkan ke Musrenbang Kabupaten.

“Selain menyerap dan menggali aspirasi dari kalangan anak-anak, kegiatan Musrenbang Anak juga akan diisi dengan berbagai pementasan seni dari siswa-siswa berbakat”,tutup Syafrul.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

SD dan SMP di Bulukumba Akan Dibuka Pekan Depan

Gubernur Tinjau Progres Proyek Rp46 Miliar Dikawasan Wisata Bulukumba

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar