Lewat SMART BM 2018, IKAB Unhas Sambut Maba Penerima Beasiswa Bidikmisi

Prosesi pengukuhan mahasiswa baru penerima bidikmisi 2018, serta penyerahan buku tabungan secara simbolis

Terkini.id, Makassar – Bidikmisi merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi namun mempunyai keterbatasan dari segi ekonomi, sehingga diharapkan dengan adanya bidikmisi, semua orang dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi tanpa memikirkan biaya.

Universitas Hasanuddin telah membuka beasiswa bidikmisi sejak tahun 2010 dan sampai sekarang tercatat sekitar lebih dari 4000 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa bidikmisi di mana setiap tahunnya beasiswa bidikmisi menerima ratusan mahasiswa baru.

Ikatan Keluarga Mahasiswa Bidikmisi Universitas Hasanuddin (IKAB UNHAS) merupakan organisasi yang menghimpun seluruh mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi agar terciptanya hubungan kekeluargaan antara sesama penerima bidikmisi.

Sehingga setiap tahunnya, dalam rangka menyambut mahasiswa baru penerima beasiswa bidikmisi di Unhas, IKAB UNHAS menyelenggarakan sebuah kegiatan yang bernama SMART BM 2018 (Sambut Mahasiswa Baru Dengan Kreasi Dan Prestasi Bidikmisi 2018) di mana pada tahun ini mengangkat tema “Satukan Misi, Bidiklah Prestasi, Melalui Bidikmisi Sebagai Insan Berkarakter Maritim”.

Suasana peserta kegiatan SMART BM 2018

Kegiatan SMART BM 2018 bertujuan untuk mengenalkan lebih dalam terkait bidikmisi kepada mahasiswa baru, serta mengenalkan organisasi IKAB UNHAS yang menghimpun seluruh mahasiswa penerima bidikmisi se-Unhas.

Selain itu, melalui kegiatan SMART BM 2018, diperkenalkan juga mahasiswa berprestasi yang merupakan penerima beasiswa bidikmisi, agar para mahasiswa baru dapat memacu semangatnya untuk lebih berprestasi.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 27 Oktober 2018, bertempat di Auditorium Prof. Amiruddin, dimana terdiri dari 2 rangkaian kegiatan. Dimana kegiatan SMART BM 2018 dimulai dengan rangkaian kegiatan formal, di mana terdapat talkshow inspiratif yang dibawakan oleh mahasiswa bidikmisi berprestasi yang dihadiri Azizul Hakim Mansyur (Hafidz, Awardee Young Leadership Profram USA), Ismail Bachtiar, S.K.M (CEO Rektor Institute), Rafid Mahful S.T., M.Eng (LPDP Kyushu University, Fukuoka), PIMNAS PKM KC 2018 (Asrul, Muhammad Akbar, Syafriman Ali) dan Surianto (Ketua Umum IKAB UNHAS Periode 2018).

Talkshow inspiratif yang dibawakan oleh mahasiswa berprestasi bidikmisi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan rangkaian kegiata non formal dimana terdapat beberapa penampilan-penampilan dari mahasiswa bidikmisi guna menghibur sekaligus mengenalkan IKAB UNHAS kepada mahasiswa baru penerima bidikmisi.

“Melalui kegiatan SMART BM 2018 diharapkan seluruh mahasiswa baru penerima beasiswa bidikmisi terinspirasi untuk senantiasa selalu berprestasi di bidangnya masing-masing, karena sudah semestinya mahasiswa bidikmisi itu berprestasi meskipun mempunyai keterbatasan dibidang ekonomi, salam bidikmisi, salam generasi emas Indonesia,” ucap Suharyono Afrian selaku Ketua Panitia.

Berita Terkait
Komentar
Terkini