Lezatnya ‘One Salad’, Cita Rasa Mayonaise yang Berpadu dengan Kesegaran Buah

Terkini.id, Makassar – Irwan sudah lebih dari 10 tahun memulai usaha jualan salad buah. Dia sukses menemukan kualitas rasa saus salad yang pas. Dia pun memberi nama usahanya ‘One Salad’ Buah.

Irwan menyebutkan, untuk menemukan kombinasi rasa salad dan campuran buah yang pas, tidak gampang.

Berkali-kali Irwan melakukan perubahan, hingga akhirnya seorang pelanggannya menelepon.

“Dia bilang ‘pak, janganmaki tambah-tambah dan ganti-ganti lagi buahnya. Sudah yang paling cocokmi ini. Yang penting mayonaise-nya ji pak,” kata owner One Salad, Irwan saat ditemui tim terkini.id, Kamis 21 November 2019.

Irwan memberi nama ‘One Salad’ untuk usaha salad buah miliknya, karena terinspirasi dari kata ‘One’ yang berarti satu.

“Nama saya kan Irwan, biasa ditulis ‘Ir-One’,” kata dia mengeja. Selain itu, nama panggilannya Wawan biasa juga ditulis wa-one.

“Usaha ini kategori salad buah, jadi saya namai One Salad dengan tagline ‘Hemad dan Nikmat’,” katanya lagi.

Irwan merintis usaha salad buah miliknya sejak 2008 silam.

Banting Setir dari Karyawan

Dia pun bercerita, awal-awal merintis usaha tersebut. “Dulunya saya karyawan. Saya memilih menjadi pengusaha karena saya mamu berkomunikasi dengan baik dan bisa memberi pelayanan yang ramah ke pelanggan,” kata dia.

Dia pun memilih usaha salad.
“Waktu itu belum ada aplikasi penunjang kemudahan seperti Grab dan Gojek. Semua masih saya lakukan sendiri, mulai dari membuat, menawarkan dan mengantarkan sampai manajemennya pun saya hendel semua,” kata dia lagi.

“Setiap hari saya mengunjungi tempat yang banyak dimanfaatkan orang untuk berolahraga, seperti lari pagi atau lari sore. Saya hampiri mereka satu-satu, saya tawari salad buah,” katanya.

Mereka rupanya merespons dengan baik. “Mereka bilang wah pas banget nih sudah berolahraga begini disuguhi salad buah. Dari situ sudah mulai banyak yang ambil setelah mereka menikmati testi kami,” katanya.

Setelah itu, Irwan mulai membuat box di motornya. Dia menghandle sendiri.

“Ini berlangsung selama dua tahun sampai akhirnya mulai saya merekrut anggota untuk membantu saya. Dari situ omzet saya mulai naik sampai akhirnya aplikasi online seperti gofood dan grabfood mulai ada,” kata dia.

Punya 19 Karyawan

Kata dia, aplikasi tersebut benar-benar sangat membantu.

“Ini sangat memudahkan pemilik dan pelanggan. Alhamdulillah, saya sekarang sudah dibantu oleh 19 orang anggota.

8 Cabang di Makassar

Dia kini sukses membuka cabang One Salad, antara lain:

Jl. hertasning (parkiran indomaret),
Jl. Aroepala (Aroepala Food City),
Jl. Urip Sumoharjo (Parkiran Alfa Midi),
Jl. Poros Btp (parkiran indomart depan SMK 12),
Jl. Lamadukelleng (Parkiran Indomart),
Jl. Toddopuli 10 komp. Puri taman sari blok L5 No.10 (office dan penjualan),
Jl. Maipa, samping hotel arya duta,
Jl. Sungai saddang lama (parkiran indomart)

Irwan berencana untuk membuka cabang baru lagi di Gowa dalam waktu dekat.

Jamin Buah Segar dan Higienis

Irwan punya pegangan dalam menjalankan usahanya.

“Prinsip yang saya pegang, adalah jika kamu sudah memutuskan berjalan dan memulai dengan niat yang baik, maka kamu cukupkan niat itu, sekalipun kamu dinilai tdk baik, kamu harus punya keyakinan kamu akan tetap akan mendapatkan balasan yang baik. Dari siapa? Dari tuhanMU,” jelasnya.

Salah satu prinsip penting yang dia pegang adalah menjamin bahwa bahan baku buah-buahannya betul-betul fresh.

“Kami membuat salad ini ketika driver sudah ada di sini kami. Kami tidak melayani pembuatan dengan pesanan lewat telpon. Orangnya harus hadir dulu di sini baru kami buatkan. Begitupun driver gofood dan grabfood, nanti mereka disini baru kami buatkan,” tukasnya.

Ramaikan Event Makassar Most Favourite Culinary

One Salad juga ikut berpartisipasi untuk meramaikan event Makassar Most Favourite (MMF) 2019 yang berlangsung di MYKO Hotel and Convention pada 5 Desember 2019 mendatang.

“Kami tertarik melibatkan diri dalam acara MMF Makassar Terkini karena kami sadar betul Makassar Terkini punya konsistensi dalam merawat kuliner dengan memberi penghargaan bagi mereka para pengusaha yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi dari masing masing kategori bidang kuliner.

Apalagi penghargaan seperti ini menjadi kepuasan tersendiri, lewat Makassar Terkini kami mengenalkan brand kami kami untuk hal yang lebih besar dengan harapan menjadi salah satu pemenang di tahun tahun selanjutnya,” katanya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini