Lihat, ini 5 cara berkendara aman dan nyaman di bulan puasa

Lihat, ini 5 cara berkendara aman dan nyaman di bulan puasa
Lihat, ini 5 cara berkendara aman dan nyaman di bulan puasa

Terkini.id, Makassar – Mengemudi selama berpuasa tentu menjadi tantangan tersendiri. Keharusan menjaga diri dari makan dan minum serta kondisi jalan yang begitu sesak dengan jajanan buka puasa berpotensi mengganggu konsentrasi pengemudi. Aman dalam berkendara tentu akan memaksimalkan ibadah yang ingin dijalankan selama bulan Ramahan.

Selama bulan Ramadan, jika ingin melakukan perjalanan jauh maupun di dalam kota, perlu persiapan pengemudi dan kendaraan itu sendiri dalam menghadapi segala kejadian yang akan terjadi di jalan raya.

Persiapan yang dilakukan untuk mobil adalah dengan mengecek semua kondisi komponen, seperti air radiator, aki, lampu utama, lampu sein, lampu rem dan lampu mundur.

Berikut ini terdapat lima tips untuk menjaga kenyamanan pengemudi selama berpuasa:
1. Tentukan tempat tujuan dan jalanan yang bebas dari kemacetan

Anda bisa juga mengoptimalkan fitur navigasi pada head unit mobil seperti pada Toyota Yaris, Fortuner dan Rush. Kalau pada mobil belum tersedia fitur navigasi, bisa mengandalkan aplikasi peta atau navigasi di smartphone untuk mengetahui kondisi lalu lintas terkini. Bila lalu lintas ke tempat tujuan terlihat padat, coba cari jalan alternatif yang lebih lancar.

2. Maksimalkan fitur entertainment pada kendaraan Anda

Kondisi lalu lintas tentu memiliki pengaruh terhadap pengemudi. Bila jalanan macet total, maka bisa merusak mood pengemudi sekaligus berdampak pada ibadah puasa yang dijalankan. Akibatnya konsentrasi mengemudi bisa menurun yang berakibat membahayakan diri sendiri dan orang lain di sekitar. Diantara fitur yang bisa digunakan adalah Radio, DVD, Aux atau Bluetooth yang sudah tersedia.

3. Saat sudah di jalan, pastikan selalu jaga jarak aman

Meski dalam kondisi macet, jaga jarak juga penting untuk menghindari apabila mobil di depan secara mendadak mundur karena kontur jalan menurun, atau mogok. Sehingga mobil Anda bisa menghindar dan segera berpindah jalur.

Kondisi yang sama, Ketika bertemu rombongan konvoi, jangan memaksakan untuk menjauh apalagi mengikuti rombongan konvoi dari belakang. Kecepatan dan pergerakan yang lebih cepat bila tidak terbiasa bisa membahayakan diri sendiri.

4. Mengingat mengemudi adalah full time job

Jangan pernah bermain handphone seperti mengirim pesan, atau bahkan bermain game. Meskipun jalanan sedang padat, bisa saja mobil di depan mundur tanpa sepengetahuan pengemudi sehingga menabrak bumper depan mobil saat pengemudi lengah.

5. Lakukan defensive driving jika diperlukan

Pahami juga defensive driving yang bisa diaplikasikan saat berhadapan dengan pengemudi kendaraan lain, seperti sepeda motor atau transportasi umum. Bila mendapati pengemudi yang ugal-ugalan, jauhi dan biarkan mobil tersebut lewat terlebih dahulu karena bisa membahayakan sekitar.

Berita Terkait
Komentar
Terkini