Ini Lima Ranperda Gowa Disahkan di Penghujung 2018

Penghujung 2018, lima Ranperda Gowa disahkan

Terkini.id, Gowa – Lima buah Rancangan Peranturan Daerah Kabupaten Gowa. Kelima Ranperda itu masing masing Ranperda Gowa Kabupaten Pendidikan, Ranperda penetapan wajib pajak cabang/lokasi bagi pelaku usaha yang bekerja melakukan usaha di Kabupaten Gowa.

Selain itu, juga ada Ranperda Perlindungan dan pemenuhab hak-hak penyandang disabilitas, Ranperda inisiatif tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan (CSR), dan Ranperda inisiatif perlindungan lahan pertanian pangan, akhirnya ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), di rapat Paripurna DPRD Gowa, Jumat kemarin.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan dengan disahkannya lima Ranperda tersebut menjadi Perda dan diundangkan dalam lembaran daerah, maka diharapkan dapat menjadi landasan hukum ataupun landasan operasional untuk mengimplementasikan kewenangan-kewenangan daerah.

“Kita tentu menyadari apa yang kita hasilkan ini semata-mata untuk membangun Kabupaten Gowa ke depan, guna meningkatkan kesejahteraan, ketertiban, dan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Adnan di hadapan perserta rapat.

Dijelaskan Adnan, Ranperda tentang pendaftaran wajib pajak bagi pelaku usaha di Gowa ini, dilakukan untuk meningkatkan perekonomian daerah, sehingga perlu adanya upaya untuk melakukan tambahan pendapatan asli daerah (PAD) yang akhirnya mampu mencapai kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Ranperda mengenai perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas dilakukan agar penyandang disabilitas ini bisa mendapatkan kesemoatan yamg sama  seperti hidup layak, sejahtera, mandiri, dan tanpa diskriminasi.

“Kami pemerintah Gowa, selalu ingin mensejahterakan masyarakat, salah satunya dengan penetapan Ranperda ini menjadi 0erda. Filosofi pembentukan Perda ini sebagai upaya perbaikan dalam rangka pemerataan, dan perlakuan yang sama dengan masyarakat lainnya, begitupun Eanperda lainnya.” jelas Bupati termuda se-Kawasan Timur Indonesia itu.

Olehnya dirinya, setelah penetapan ranperda ini, para pelaku kebijakan mampu menjalankan dengan baik apalagi sudah adanya landasan hukum yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gowa.

Turut hadir, Wakil Bupati Gowa, unsur Forkopimda Kabupaten Gowa, dan Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Gowa

Ini Hasil Survei Tingkat Kepuasan Warga Gowa

Terkini.id,Gowa - PT. Jaringan Suara Indonesia (JSI) menyebutkan dari hasil survei yang dilakukan pada pertengahan Maret 2019, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten