Listrik Padam, Distribusi Air PDAM ke Pelanggan Berhenti Total

Meteran air PDAM /Dok MT

Terkini.id,Makassar – Manajemen PDAM Kota Makassar harus bekerja sangat ekstra selama beberapa hari terakhir ini. Pasalnya jaringan listrik PLN tiba-tiba Black Out atau pemadaman total) se Sulselbar yang mengakibatkan sebagian Instalasi Pengolahan Air PDAM Off atau berhenti total beroperasi karena bergantung pada aliran listrik.

Hanya 3 instalasi yang memproduksi dan mengalirkan air, Yaitu IPA Sombaopu, IPA Panaikang memakai Genset dan IPA Ratulangi mengalirkan secara Grafitasi melalui Tower utama. Sedangkan IPA Antang dan Maccini Sombala serta seluruh Boster/intake Stop total karena tidak ada genset khusus untuk supply.

Pemakaian Genset di 2 instalasi hanya mampu mengalirkan air sekitar 50-70% saja dari kapasitas normal, jadinya hampir diseluruh Kota supply kepelanggan Drop, ini sudah berlangsung 2 hari sejak PLN Black Out.

Humas PDAM Makassar, Idris Tahir mengatakan kami tidak terima penyampaian sebelumnya dari PLN mungkin ini kejadiannya mendadak, sehingga tidak ada juga penyampaian ke pelanggan jadi tidak sempat menampung air.

“Tentunya ini sangat menggangu pelayanan kami ke pelanggan dan meyebabkan keluhan pasca PLN blackout sangat banyak kami terima,”ujar Idris.

Hingga saat ini, walaupun katanya tegangan Listrik PLN sudah stabil tapi supply air ke pelanggan tidak otomatis langsung normal. PDAM butuh waktu antara 4 hingga 24 jam agar seluruh daerah bisa merata, itupun baru prediksi, jika tidak ada kendala tehnis dilapangan.

“Masih banyak ini pengaduan yang masuk khusus untuk daerah Monginsidi, Rappocini, Talasalapang, Tamalate, Hertasning, Manggala, Borong, Dg. Sirua, Tello dan lainnya. Belum lagi kawasan Timur dan Utara Kota pasti akan lebih lama lagi karena jaraknya dari Instalasi sangat jauh,”terang Idris.

Lanjut Idris, untuknya itu manajemen PDAM Makassar menyampaikan maaf kepada pelanggan atas gangguan ini seraya memohon doa semoga segera normal distribusi airnya, yang jelas dengan catatan tidak ada Gangguan dari PLN karena pasti akan Drop lagi.

“Kita terus mengupayakan agar Seluruh pelanggan bisa mendapatkan air secara merata secepat mungkin,”tutupnya.

Komentar

Rekomendasi

Ini Penyebab Calon Direksi Perumda Air Minum Kota Makassar Tidak Lulus Berkas

PII Pusat Gelar Rapat Pleno Awal Tahun di Gedung Griya Rekayasa Indonesia

Sikapi Isu Lingkungan, Makassar Digital Valley Bikin Program Spesial ‘Green Network’

Kondisi TPI Paotare Memperihatinkan, Ini Rencana Pemkot Makassar

Dokumen Ini Jadi Hambatan Penindakan Gudang Dalam Kota di Makassar

NasDem Akan Gelar Turnamen Mobile Legends dan PUBG di Makassar

Pelantikan 3 Perusda Menunggu SK Pemberhentian Calon Direksi sebagai Pengurus Partai

Danny Pomanto Didorong Maju Jalur Perseorangan di Pilwali Makassar

KPU Makassar Buka Pendaftaran Calon PPK, Dilakukan Secara Online

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar