Lomba Takbir Iringi Semarak Malam Idul Fitri di Palopo

Lomba Takbir palopo
Pjs Walikota Palopo Andi Arwien Azis. S. STP, didampingi, Ketua DPRD Kota Palopo Harisal A Latief, Kapolres Kota Palopo AKBP Taswin, Dandim 1403 Sawerigading Letkol Inf M Imasfy.

Terkini.id, Palopo – Pada pelaksanaan Malam Takbiran dalam rangka hari raya Idul Fitri 1439 H, Pemerintah Kota Palopo menggelar kegiatan Lomba Takbir.

Kegiatan ini berlangsung di pelataran Masjid Agung Palopo, Kamis, 14 Juni 2018/1439 H dan melibatkan peserta dari berbagai Instansi/OPD serta organisasi pemuda se-Kota Palopo.

Pada kesempatan itu, Penjabat Sementara ( Pjs) Walikota Palopo, Andi Arwien Azis, berharap melalui lomba takbiran tersebut dapat menambah keimanan.

“Karena bertakbir, bertahmid dan bertasbih adalah hal positif dan merupakan benteng keimanan bagi umat Islam,” ungkap Andi Arwien.

Lanjutnya, persatuan dan kebersamaan kita sebagai umat muslim direkatkan dengan ukhuwah islamiyah kita yang kuat. Dan melalui kegiatan tersebut, kita berharap atisipasi terhadap situasi keamanan ketertiban dan kenyamanan masyarakat dalam memasuki tahapan pemilihan kepala daerah dapat diminimalisir.

Ditambahkan Andi Arwien, kegiatan tersebut juga adalah bentuk tindak lanjut dari surat edaran Gubernur Sulawesi Selatan yang menghimbau kepada seluruh Bupati dan Walikota se-Sulawesi Selatan agar pelaksanaan malam takbiran dilaksanakan di masing-masing masjid di daerah masing-masing.

“Sebagai pengganti malam takbiran sebagaimana yang sering dilakukan dalam bentuk pawai keliling, untuk kali ini dilaksanakan dengan lomba takbir yang dilaksanakan di masjid besar di tiap kecamatan,” ujar Andi Arwien.

Pada akhir sambutanny, Ia berharap lomba takbir di masjid-masjid tersebut dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

“Dan untuk peserta lomba takbir jangan melihat dari hadiah, akan tetapi makna dan nilai dari lomba takbir,” tandasnya.

Dalam lomba ini, ada beberapa aspek penilaian meliputi keserasian kostum, keindahan lantunan takbir, dan inovasi. Lomba diawali dengan  pemukulan bedug oleh Andi Arwien.

Tim Pemantau Lomba Takbiran di Kota Palopo

Tim pemantau lomba Takbiran Idul Fitri 1439 Hijriyah 2018 dibagi dalam tiga tim

Tim 1 dikoordinatori Pjs Walikota Palopo Andi Arwin, didampingi Ketua DPRD Kota Palopo, Harisal A Latief, Kapolres Kota Palopo, AKBP Taswin, Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Inf M Imasfy, Kejari Kota Palopo, Ketua Pengadilan Negeri Palopo, dan para Kepala Perangkat Daerah lainnya.

Untuk tim satu melakukan peninjaun di  Masjid Nurul Yaqin di BTN Merdeka Kecamatan Wara Timur, Masjid Bani Graha Jannah, Perum Graha Jannah Songka Kecamatan Wara Selatan, dan Masjid Al-Huda, Jalan Yogi S Memet, Kecamatan Sendana.

Untuk Tim dua, Sekretaris Daerah Kota Palopo H Jamaluddin sebagai Koordinator, didampingi kepala Perangkat Daerah lainnya, meninjau ke Masjid Al Manah Jalan Wecudai Lagaligo, Kecamatan Wara, Masjid Al Mukmin Jalan Opu Toparumbean, Kecamatan Mungkajang, dan Masjid Nurul Yaqin Km 4 Lebang, Kecamatan Wara Barat.

Dan tim tiga yakni Asisten I Bidang Pemerintahan, Burhan Nurdin sebagai Koordinator, didampingi kepala perangkat daerah lainnya meninjau Masjid  Al-Hidayah Jalan Imam Bonjol Wara Utara, Masjid Al Khairat Perum RSS Balandai, Kecamatan Bara, dan Masjid Nurul Dakwah Padang Alipan, Kelurahan Jaya, Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo.

Berita Terkait
Komentar
Terkini