Lutfi Halide bakar semangat mahasiswa Polbangtan Gowa untuk jadi petani milenial

Lutfi Halide bakar semangat mahasiswa Polbangtan Gowa

Jumat, 21 Februari 2020 telah terselenggara kuliah umum oleh Bapak Ir. Lutfi Halide, MP di Aula Syekh Yusuf Polbangtan Gowa. Staf khusus menteri yang merupakan alumni Polbangtan Gowa yang dulu disebut SPMA tersebut memberikan kuliah umum dengan tema ‘Kiat Sukses Menjadi Petani Milenial Untuk Mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern’.

Lutfi Halide menantang mahasiswa Polbangtan Gowa untuk membentuk kelompok usaha di bidang pertanian, contoh dengan menanam suatu komoditas diluar waktu tanam atau musimnya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, sehingga harga komoditas tersebut tidak anjlok ketika musim panen tiba. Selain itu, mahasiswa dianjurkan untuk mengecek harga komoditas pertanian di supermaket secara berkala. Hal tersebut dianjurkan agar mahasiswa mengetahui kisaran harga pasaran komoditas pertanian.

Sebuah pengalaman diceritakan bahwa menjadi sukses pastilah banyak rintangan tapi itulah konsokuensi jika ingin berhasil. Dicontohkannya pernah berusaha tanam bawang dengan hanya seluas 5 Ha tapi bisa menguntungkan milyaran rupiah. “mumpung masih muda, cari kegiatan” kata beliau kepada mahasiswa Polbangtan Gowa,” ungkapnya.

Saya bahkan “menantang alam”, disaat kebanyakan petani tidak menanam karena alasan cuaca, saya malah menanam tetapi dengan menggunakan teknik memberikan sungkup pada tanaman tersebut dan hasilnya luar biasa.

Pak Lutfi menegaskan pentingnya melakukan banyak kegiatan di masa-masa kuliah, kegiatan tersebut merupakan pengalaman dan tentu saja pembelajaran. Menurut beliau, tiga atau empat tahun di kampus akan lebih bermanfaat jika diisi dengan aktivitas yang bermanfaat seperti menanam komoditas tertentu, memasarkan dan menjual hasilnya di hotel, restoran atau toko-toko, bisa juga membantu dosen di kampus.

Pada akhir paparan kuliah umumnya, menyimpulkan bahwa dalam melakukan kegiatan apapun, hadapi dengan positif tanpa menggerutu, ramah dan murah senyum serta senantiasa menghargai, menolong dan berbuat baik kepada orang lain adalah kunci sukses seorang petani milenial. (MUZ)

Komentar

Rekomendasi

Polbangtan Gowa Sinergikan Langkah dengan Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan di Kampus II Bone

Mahasiswa Keperawatan Unhas yang Jadi Relawan Pandemi Virus Corona dapat SKS

Ditengah “Badai” COVID-19, LTT Kecamatan Mengkendek Terus Bertambah

Cegah COVID-19, Polbangtan Gowa Lakukan Desinfeksi Berkala

Aliansi Organisasi Unibos Tuntut Kebijakan Kampus Ihwal WTH

Polbangtan Gowa dan Tim Kamtibmas Desa Mappesangka Bone Lakukan Penyemprotan Desinfektan di Kampus II

Tim Satgas Unhas Bikin Pusat Informasi Covid-19

Pandemi Covid-19 Tidak Menyurutkan Semangat Petani Kecamatan Mengkendek Tana Toraja untuk Tanam Padi

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar