Masuk

Maag Sering Kumat? Lakukan 5 Cara ini untuk Mencegah Maag Kambuh

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Maag yang tiba-tiba kambuh menjadi masalah bagi siapa saja yang mengidap penyakit ini. Aktivitas pun menjadi terganngu karena hal ini.

Maag yang kambuh ditandai dengan adanya gannguan pada sistem pencernaan seperti kembung, mual, mulas bahkan sampai menimbulkan panas di dada. Munculnya gejala maag ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas.

Penyebab maag muncul bisa beragam seperti pola makan yang tidak terjaga, masalah kesehatan tertentu dan bahkan infeksi bakteri.

Namun beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah maag kambuh dan akitivitas kembali berjalan normal. Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima cara mencegah maag agar tidak mudah kambuh.

1. Makan Pelan-pelan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah maag kambuh yakni dengan makan pelan-pelan seperti mengunyah makanan sampai benar-benar halus sebelum ditelan atau masuk ke dalam perut.

Cara ini dilakukan untuk lebih memudahkan tubuh menyerap zat gizi pada makanan. Selain itu, makanan yang telah halus juga dapat mempermudah sistem pencernaan mengurai makanan.

Makanan yang masuk ke dalam perut dengan tidak lembut, memungkinkan lambung mesti bekerja keras utnuk mencerna dan menyerap semua vitamin dan mineral serta asam amino penting bagi tubuh.

2. Hindari Rokok dan Alkohol

Pemicu munculnya penyakit maag bisa melalui rokok dan juga alcohol. Perokok dan penikmat alkohol lebih mudah terserang penyakit maag sehingga dianjurkan untuk berhenti menyentuh rokok dan alkohol untuk lebih menjaga maag.

Alkohol dapat membuat iritasi pada lapisan kerongkongan dan perut. Tak hanya itu, Alkohol bisa memproduksi asam lambung serta pelemahan pada otot kerongkongan.

3. Kurangi kafein

Kopi bisa menjadi pemicu munculnya penyakit maag karena mengandung kafein. Untuk mencegah maag kambuh, kurangi asupan kafein seperti tidak mengonsumsi kopi, minuman bersoda serta minuman yang mengandung teh.

4. Menyajikan makanan sehat

Memilih masakan yang sesuai tentu menjadi salah satu cara untuk mencegah kambuhnya maag, dan hindari mengonsumsi makanan seperti yang pedas, asam atau cuka yang dapat memicu munculnya maag.

Makanan pedas dan asam menjadi pemicu kambuhnya maag dan disarankan untuk menghindari makanan tersebut.

Hindari makan pedas untuk mencegah maag kambuh (halodoc).

5. Mengolah stress

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mencegah maag kambuh adalah dengan cara mengolah stress. Mengolah stress dapat dilakukan dengan cara menonton film favorit dan mengolah pernapasan. Mendengarkan musik serta tidur siang dengan durasi 20-30 menit.