Mahasiswa AKK FKM UPRI Makassar Siap Gelar Pelatihan Software SPSS

Terkini.id, Makassar – Sebagai komunitas intelektual, menghadapi tantangan jaman yang dikenal sebagai era revolusi industri 4.0, mahasiswa jurusan Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UPRI Makassar akan menggelar kegiatan “Pelatihan Software SPSS” pada Senin hingga Rabu, 29-31 Juli 2019, mendatang.

Kegiatan ini akan menghadirkan pemateri dalam lingkup dosen FKM sendiri yang memiliki kapabilitas dalam pengelolaan data dengan software SPSS. Salah satu diantaranya adalah dosen statistik FKM UPRI, Abdul Gafur SKM MKes.

Menurut Arfah selaku Ketua Panitia, kegiatan ini diharapkan dapat melengkapi kebutuhan mahasiswa dalam pengolahan data penelitian kuantitatif.

Baca Juga: FKM UPRI Makassar Gelar Kajian Online Socrates

“Berdasarkan pengalaman selama ini kendala mahasiswa menyelesaikan skripsinya adalah mengolah data penelitian. Akibatnya, mereka harus mengeluarkan biaya lagi untuk dioalahkan datanya oleh operator rental pengetikan,” ujar Ketua Himpunan AKK ini.

SPSS, kata dia, merupakan salah satu program aplikasi yang paling banyak digunakan untuk analisis statistik dalam ilmu sosial. Hal ini digunakan oleh peneliti pasar, perusahaan survei, peneliti kesehatan, pemerintah, peneliti pendidikan, organisasi pemasaran dan lain-lain.

Baca Juga: Dekan FKM UPRI Jadi Pembicara  pada Dialog ISMKMI

“Selain analisis statistik, manajemen data (kasus seleksi, file yang membentuk kembali, membuat data turunan) dan data dokumentasi (sebuah meta data kamus disimpan di data file) adalah fitur dari perangkat lunak dasar,” ujarnya.

“Mengingat pentingnya fungsi software ini maka wajar saja jika ketua panitia optimis kegiatan ini akan perhatian yang luar biasa dari mahasiswa,” sambungnya.

Di samping itu, lanjut Arfah, kegiatan ini tidak dikenai biaya alias gratis dan tidak hanya terbatas untuk mahasiswa FKM, tapi seluruh civitas akademik lainnnya yang ingin mendalami dan mengetahui lebih jauh penggunaan software ini dapat mengikuti workshop tersebut.

Baca Juga: Dekan FKM UPRI Jadi Pembicara  pada Dialog ISMKMI

“Pelatihan SPSS ini akan dilengkapi dengan fasilitas seperti konsultasi langsung dengan trainer secara gratis, modul Ekslusif gratis dan juga pemandu selama kegiatan berlangsung serta tempat yang sejuk atau ber-AC,” ujarnya.

“Kegiatan SPSS ini dibuka untuk umum bukan hanya mahasiswa internal lembaga akan tetapi mahasiswa dari luar atau kampus akademik yang berbeda bisa mengikuti kegiatan pelatihan SPSS,” terangnya.

Tanggapan Wakil Dekan III FKM UPRI

Sementara itu, Wakil Dekan III FKM UPRI, Andi Alim SKM MKes menegaskan akan selalu memberi dukungan penuh terhadap kegiatan kemahasiswaan yang inovatif dan up to date dalam mengikuti perkembangan zaman.

“Mahasiswa tidak boleh apatis dan ‘tidur’ dalam kebanggaanya sebagai mahasiswa. Revolusi industri 4.0 harus mereka genggam dengan menguasai seluruh aplikasi berbasis siber-fisik, komputer dan internet. Dimulai dulu dari yang sesederhana seperti software SPSS,” ujarnya dengan penuh semangat.

Untuk efesiensi kegiatan, workshop ini akan dilaksanakan di Aula Kampus II UPRI, Jalan Bawakaraeng, Makassar.

Bagikan