Mahasiswa HMJ HES gelar Dialog Interaktif: Problematika Hukum Ekonomi Syariah

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
#mahasiswaunismuhmakassar #kabarmahasiswa #mahasiswamakassar

Terkini.Id, Makassar – Pandemi Covid-19 yang belum dapat diperkirakan akan berakhir yang mempunyai dampak yang sangat besar bukan hanya penyakit biologis tapi juga merubah psikologis, baik itu individu maupun kelompok. beberapa lembaga pemerintah dan swasta juga terkena dampak, salah satunya adalah dunia pendidikan. Beberapa instansi pendidikan seperti kampus-kampus yang ada di Indonesia merasakan stresing gerakan lembaga lembaga kemahasiswaan terkhususnya di Universitas di Kota Makassar. 

Pada tanggal 28 November 2020 Himpunan Mahasiswa jurusan hukum ekonomi syariah mengadakan dialog disertai bazar bertema  “problematika hukum ekonomi syariah” Mengambil momentum dan kesempatan untuk membuat forum dialog dengan mengangkat tema tersebut, sekaligus dalam rangkaian silaturahmi antar lembaga internal kampus Unismuh Makassar maupun lembaga eksternal kampus, pandemi membuat kita terbatas dalam ruang gerak untuk berkomunikasi, ditambah lagi dengan tabir atau tirai yang telah menjadi pembatas di antar lembaga kemahasiswaan untuk saling berdiskusi dan bertukar gagasan kemahasiswaan dan keadaan bangsa yang sedang carut marut sekarang dengan dampak maraknya covid 19. 

Forum dialog terlaksana dengan baik dan tetap menjaga protokol kesehatan sebagaimana yang telah di himbaukan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran covid 19, kami mengundang beberapa narasumber yang kompeten dan disiplin ilmu yang mempuni di bidang hukum ekonomi syariah. Adapun narasumber kami yaitu Bapak Dahlan S. Ag., S.H., M.H ( Ketua DPW APSI SULSEL 2017/2021) dan Ibu Dr. St. Saleha  Majdid M.Hi ( dosen Hukum ekonomi syariah Unismuh makassar) yang walaupun sibuk beliau masih menyempatkan hadir untuk kami dan memberikan pencerahan ilmu berbasis hukum ekonomi syariah yang memacu kehidupan dialektika intelektual di dalam forum dialog  yang sudah lama di gerogoti atau di vakumkan covid 19 . ” Ujar Ketua Umum HMJ HES FAI UMM

Dialog tersebut berlangsung secara lancar, ada beberapa ketua lembaga internal kampus yang menghadiri dialog ini. Ibu dr. Sg. Saleha madjid M.Hi mengatakan “Lulusan hukum ekonomi syariah memiliki prospek kerja yang sangat tinggi ”  Statement ini juga selaras dengan pendapat Bapak dahlan S.Ag, SH,MH yang mengatakan “Terkhusus mahasiswa hukum ekonomi syariah diharapakan agar mendalami ilmu ekonomi syariah. Perekonomian indonesia secara perlahan sudah bergeser ke ekonomi syariah dan kita harus siap mengambil peran didalamnya “

Ada banyak problematika yang terjadi di dunia hukum ekonomi syariah, inilah sebabnya pentingnya perbaikan SDM untuk menekan problematika yang terjadi saat ini dan yang akan datang. Problematika lainya yang terjadi di masyarakat yaitu banyaknya pemikiran masyarakat yang menganggap bahwa bank syariah tidak ada bedanya dengan bank konvesional, juga praktik akad di bank syariah masih dianggap tidak konsisten sebab akad yang awalnya akad murabaha sewaktu2 dapat berubah menjadi akad biasa.

Menarik untuk Anda:

Adanya dialog ini diharapkan kami sebagai mahasiswa hukum ekonomi syariah seharusnya lebih serius lagi mendalami ilmu yang diajarkan diperkuliahan, dan harus sering mengkaji keadaan perekonomian masyarakat, serta mensyiarkan bagaimana ekonomi syariah yang sebenarnya. saya berharap dialog dialog seperti ini akan senantiasa mengiringi pergerakan mahasiswa khususnya mahasiswa hukum ekonomi syariah ” Ujar sekertaris bidang advokasi hmj hes.

Citizen Jurnalis : Maulina Aulia Jumardin

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Rusak Kawasan Konservasi, HJB Wakil Ketua DPRD Takalar dijerat Pidana Berlapis

Tudingan Obral Ijin di Era Jokowi, KLHK Membantah Keras

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar