Mahasiswa KKN BN-TMMD Unhas Gelar Beragam Penyuluhan di Sekolah

Mahasiswa KKN Unhas
Mahasiswa KKN BN-TMMD Unhas Gelar Beragam Penyuluhan di Sekolah

Terkini.id, Kolaka – Mahasiswa Kuliah Nyata (KKN) Bakti Negara (BN) Unhas yang bekerja sama dengan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 di Kecamatan Lalolae, Kolaka Timur, mengadakan berbagai penyuluhan di sekolah.

Kegiatan TMMD 102 yang berlangsung di Koltim dengan berbagai program rehabilitasi dan penyuluhan disinergikan dengan program dari mahasiswa KKN BN-TMMD Unhas, untuk berbagi ilmu kepada siswa mulai tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas.

Mulai dari kegiatan Penyuluhan GAMMARA’ (Gadget Aman Untuk Remaja) dan Sosialisasi Kampus bertempat di SMAN 1 Lalolae, oleh Posko Desa Wesalo pada Senin, 16 Juli 2018.

Selain itu, kegiatan Penyuluhan Cuci Tangan dan Mengajar juga dilaksanakan di SDN 1 Wesalo, Selasa, 17 Juli 2018, dengan materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Di Desa Lalosingi, mahasiswa KKN BN-TMMD juga mengadakan kegiatan “Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” (Cara Cuci Tangan) dengan metode menyanyi dan praktek langsung, bagi siswa kelas 1, 2 dan 3, bertempat di ruang kelas dua SDN 1 Lalosingi. Begitu pula dengan di SDN 1 Keisio dilaksanakan pada Rabu, 18 Juli 2018.

Sementara di Desa Keisio, Kegiatan mengajar bertempat di SMPN 1 Lalolae dengan materi Pelajaran Bahasa Inggris.

Pada sore harinya dilanjutkan denganĀ  Kegiatan “Fun Islamic Keisio” (Hafalan Surah Pendek dan Motivasi Islam bagi Anak-Anak) Usia SD-SMP bertempat di Masjid Babunnur Desa Keisio.

Muhammad Fahri selaku Koordinator Desa Keisio menjelaskan metode Fun Islamic dengan mendengarkan, mengikuti dan menghafalkan. Kemudian dibagi per kelompok, tiap kelompok ada anak-anak yang sudah bagus hafalannya dan akan membantu hafalan murid lainnya.

“Anak usia dini gampang menghafalkan Al-Quran didahului dengan mendengarkan, baik itu mendengarkan org lain membacakan ataupun melalui media audio visual,” ujar Fahri, Selasa, 17 Juli 2018.

Mahasiswa KKN Unhas
Mahasiswa KKN Unhas gelar beragam penyuluhan bagi siswa-siswi SD

Kegiatan serupa juga digelar mahasiswa KKN Unhas di Desa Talodo, Koltim

Setali tiga uang, di Desa Talodo kegiatan serupa juga dilaksanakan. Tiap tiga hari selama seminggu, mahasiswa ini akan mengajar mengaji di tempat Pengajian Al Quran setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

Selain itu, kegiatan mengajar juga dilakukan di SDN 1 Talodo kelas 1, 2 dan 6 dengan materi Pendidikan Agama, Matematika (1, 2 dan 6), dan Bahasa Indonesia.

Andi Haris Muhammad ST MT PhD selaku supervisor KKN ini menyatakan, penyuluhan dan pengajaran kepada siswa mulai sekolah dasar hingga menengah atas diharapkan dapat menjadi pemahaman dasar untuk masa depannya.

“Melalui penyuluhan dan interaksi langsung antara mahasiswa kkn unhas dan siswa diharapkan dapat memberikan pemahaman pentingnya kesehatan dan pengetahuan praktis (Bahasa Inggris dan Mengaji) sebagai modal dasar memperoleh masa depan yang cemerlang,” katanya, Rabu, 18 Juli 2018.

 

Citizen Reporter : Muhammad Abdul (Mahasiswa KKN Unhas)

Berita Terkait
Komentar
Terkini