Mahasiswa KKN Tematik PPM Unhas Gelar Beragam Penyuluhan di Polman

Mahasiswa KKN Tematik PPM Unhas Gelar Beragam Penyuluhan di Polman

Terkini.id, Polman – Mahasiswa KKN Tematik PPM Unhas Polewali Mandar gelombang 99 melakukan penyuluhan ANC, Penolong dan tempat persalinan, serta penggunaan KB di Kecamatan Matakali, Polewali Manda (Polman), Selasa, 9 Agustus 2018.

Kegiatan ini dilakukan di dua Desa yakni di Desa Tonrolima dan di Desa Patampanua yang bertempat di halaman kantor desa Patampanua, Kecamatan Matakali.

Penyuluhan ini merupakan salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan program kerja Mahasiswa KKN Tematik PPM Polewali Mandar yang sebelumnya  telah melakukan penyuluhan posisi dan peran wanita serta penyuluhan peran keluarga dalam masyarakat di masing-masing desa tersebut.

Kegiatan ini sekaligus menjadi bentuk pengabdian Tridarma perguruan tinggi Unhas yang relavan dengan kegiatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas pada khususnya.

Mahasiswa KKN Tematik PPM Unhas Gelar Beragam Penyuluhan di Polman

Terwujudnya program kerja KKN Unhas ini didasari oleh laporan hasil data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat tahun 2016, yang menyatakan bahwa Kabupaten Polewali Mandar menyumbang angka kematian ibu hamil tertinggi dibandingkan daerah lain di Sulawesi Barat.

“Intervensi sangat diharapkan bisa mendukung target pencapaian, sebab beberapa indikator kesehatan ibu belum optimal setelah melihat data yang juga telah diperoleh oleh mahasiswa KKN ini khususnya di dua Desa yaitu Patampanua dan Tonrolima melalui pendataan langsung dengan door to door,” kata Dr Apik Indarty M SKM MSi selaku Supervisor KKN Tematik PPM Polewali Mandar, sekaligus salah satu Dosen di FKM Unhas.

Baca :Setelah Ditemukan, Mahasiswa KKN Unhas akan Dimakamkan di Bulukumba

Adanya program kerja ini merupakan salah satu cara untuk membentuk kembali kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan yang berfokus pada peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya ANC, penolong dalam persalinan, penggunaan KB, serta agar dapat menerapkannya dalam berkeluarga maupun bermasyarakat.

Penyuluhan ini terbilang berbeda dari penyuluhan sebelumnya dimana kali ini dikemas dalam bentuk Games ular tangga yang sangat menarik perhatian para peserta.

Mahasiswa KKN Tematik PPM Unhas Gelar Beragam Penyuluhan di Polman

Kegiatan ini berlangsung semarak dan mendapat antusiasme yang tinggi, dimana pengetahuan sikap dan pelayanan yang diharap bertambah juga diperoleh oleh peserta maupun masyarakat yang ikut meramaikan.

Kegiatan ini dihadiri oleh para ibu-ibu, suami keluarga, kader, pemuda dan tokoh masyarakat. Diharapkan dengan kegiatan ini indikator yang belum terpenuhi sebelumnya bisa sedikit mengalami peningkatan yang lebih baik lagi.

Kegiatan yang diwujudkan langsung dengan aksi ini mendapat apresiasi langsung dari Ketua DPRD Polewali Mandar, Fariduddin Wahid yang juga turut serta hadir di tengah-tengah masyarakat menyaksikan kegiatan ini berlangsung.

Masyarakat desa turut antusias terhadap kegiatan ini, dimana salah satu masyarakat menyampaikan langsung rasa bangga dan senang dengan adanya jenis kegiatan berbeda dan bermanfaat yang baru pertama kali diadakan di tempat tersebut.

Baca :Mahasiswa KNN Tewas Tenggelam, Rektor Unhas Turut Berduka Cita

“Saya sangat berharap dengan semangat dan antusiasme masyarakat yang besar ini mampu mewujudkan atau menerapkan hal-hal penting yang telah disampaikan dalam kegiatan ini. Selain itu juga terhadap pemerintah desa setempat yang semoga tetap siap memfasilitasi kebutuhan masyarakat yang berhubungan dengan kesehatan maupun kebutuhan lainnya. Saya juga merasa cukup senang melihat peserta yang hadir dari berbagai kalangan serta respon mereka yang sangat aktif  baik saat kegiatan ini berlangsung”, kata Siti Khusnul Fadhilah, mahasiswi KKN Tematik Unhas selaku Penanggung Jawab kegiatan.

Selain beberapa kegiatan yang telah dilakukan di dua Desa ini, mahasiswa KKN Tematik PPM Unhas Polman juga akan melakukan serangkaian program kerja kedepannya, diantaranya perencanaan dan pembentukan media informasi kesehatan, pemilihan pus ideal, lomba cerdas cermat ibu hamil, sosialisasi PHBS di sekolah, Seminar anti narkoba dan bahaya rokok, serta beberapa Proker permintaan masyarakat yang ikut diwujudkan seperti penyediaan prasarana desa, senam lansia, dan kerja bakti.

 

Citizen Reporter : Awal Muktamar (Mahasiswa KKN Tematik PPM Unhas Polewali Mandar)