Mahasiswa KKN Unhas di Bantaeng Gelar Penyuluhan Siaga Bencana

Mahasiswa KKN Unhas
Mahasiswa KKN Unhas di Bantaeng Gelar Penyuluhan Siaga Bencana

Tekini.id, Bantaeng – Rabu, 25 Juli 2018, untuk pertama kalinya di Kelurahan Campaga, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, diadakan Penyuluhan Siaga Bencana.

Kegiatan ini digelar mahasiswa KKN Unhas Gelombang 99 dengan mengangkat tema “Jadikan Kelurahan Campaga destinasi wisata Aman Nyaman dan tentram”.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Kelurahan Campaga ini dihadiri Zaenal Sofyan (Lurah Campaga), H Abdul Mannang (Seksi Pelayanan Masyarakat Kecamatan Tompobulu), Babinsa dan babinkantipnas Kelurahan Campaga, warga Campaga, serta siswa-siswi dari berbagai sekolah di Campang, dan juga mahasiswa KKN Unhas.

Kegiatan ini sendiri sangat diapresiasi oleh pemerintah dan warga setempat, karena pertama kalinya di kelurahan ini dilaksanakan sosialisasi siaga bencana oleh mahasiswa KKN.

Hadir memberikan materi yakni dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantaeng, Dinas Pemadam Kebakaran, dan Badan SAR Nasional Pos Unit Siaga Bantaeng.

Acara ini berlangsung selama kurang lebih 3 jam dan memberikan informasi serta pelatihan kepada masyarakat Campaga terkait penanganan bencana seperti tanah longsor, kebakaran, banjir, angin puting beliung, pertolongan pertama, dan lain sebagainya, dimana kejadian tersebut bisa saja terjadi di masa mendatang.

Mahasiswa KKN Unhas
Mahasiswa KKN Unhas bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantaeng menggelar Penyuluhan Siaga Bencana

Kelurahan Campaga merupakan salah satu kelurahan di kecamatan Tompobulu yang memiliki tempat wisata yang sangat berpotensi untuk dikembangkan, seperti, air terjun simoko, hutan lindung, dan permandian alam.

Salah satu materi yang disampaikan oleh para pemateri yakni cara pertolongan pertama bagi korban yang mengalami bencana.

“Ini adalah Program Kerja Unggulan kami dari 11 program kerja yang di rencanakan, Bencana ataupun musibah kita tidak pernah tau kapan dan dimana akan datang, untuk kami melaksanakan program kerja guna untuk memberikan pengetahuan dan kesiap siagaan masyarakat terhadap bencana,” kata Zulkifli Yusuf, Mahasiswa KKN Unhas dari Fakultas Teknik angkatan 2014 selaku Koordinator KKN Unhas Kelurahan Campaga.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat, instansi Pemerintah Kabupaten Bantaeng dan seluruh pihak yang ikut menyukseskan acara ini.

 

Citizen Reporter : Irfan (Mahasiswa KKN Unhas)

Berita Terkait
Komentar
Terkini