Mahasiswa Teknik Arsitektur Unhas Kembali Gelar Archiray

Mahasiswa Teknik Arsitektur Unhas Kembali Gelar Archiray

Terkini.id,Makassar – Perkembangan dalam dunia arsitektur menghasilkan beragam material, teknologi, serta inovasi baru terhadap bangunan. Namun kurangnya perhatian terhadap aspek lingkungan sehingga menimbulkan masalah baru bagi lingkungan itu sendiri, seperti pencemaran di sekitar lokasi pembangunan, semakin berkurangnya daerah resapan air, lahan hijau, dan lahan pertanian serta pemanasan global.

Melalui kegiatan Archiray IV, Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Himpunan Mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (BE HMA FT-UH) mencoba menghadirkan solusi atas permasalahan tersebut.

Ketua Panitia Archiray, Muhammad Nur mengatakan Archiray IV merupakan kegiatan yang mewadahi dan mengajak mahasiswa di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam mencari solusi atas realita yang ada saat ini.

“Kami mengusung tema “Sustainable architecture for the better future”, kegiatan ini telah dilaksanakan mulai tanggal 2 Agustus 2018 dan akan berakhir pada tanggal 18 November 2018 mendatang di dua lokasi masing masing di Makassar dan Kabupaten Gowa,”ujar Nur.

Lanjut Nur menjelaskan, kegiatan ini adalah agenda rutin yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Himpunan Mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (BE HMA FT-UH) setiap tahunnya.

Baca juga:

Disebutkan pula berbagai rangkaian kegiatan dalam acara tersebut yakni ada lima item, Sayembara Desain Public Space, Archicam, Peremajaan Public Space, Seminar Arsitektur, dan Archifest.

Adapun kegiatan Sayembara Desain Public Space dan Archicam berlangsung mulai tanggal 2 Agustus 2018,  dengan sasaran seluruh mahasiswa di Indonesia.

Teknik Arsitektur Unhas Kembali Gelar Archiray

Untuk kegiatan Peremanjaan Public Space dilaksanakan pada Oktober lalu. Kegitan ini akan berlangsung selama dua hari bertempat di Rumah Hijau Denassa, Borongtala, Tamallayang Bontonompo, Kabupaten Gowa. Peremajaan Public Space merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa arsitektur sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat terkusus kepada remaja dan anak-anak untuk meningkatkan minat membaca mereka.

Dan untuk Seminar Arsitektur dijadwalkan pada 17 November 2018 mendatang. Seminar ini merupakan seminar nasional yang menjadi wadah dalam bertukar pikiran tentang arsitektur berkelanjutan yang biasa dikenal dengan ‘suststainable architecture’ yang ditinjau dari aspek sosial politik, aspek ekonomi, dan aspek lingkungan. Menghadirkan dua pemateri yaitu Adi Purnomo (Principal MAMO Studio) dan Realrich Sjarief (Principal RAW Architecture).

Archifest dan malam  puncak dari rangkaian seluruh kegiatan Archiray akan dilaksanakan pada 18 November 2018 bertempat di Ballroom Hotel Aston. Pada kegiatan ini akan diumumkan pemenang lomba, pameran karya hasil lomba, penampilan kesenian, serta ramah-tamah.

“Semoga kegiatan ini menjadi batu loncatan untuk seluruh mahasiswa arsitektur khususnya di Makassar agar lebih peduli terhadap keberlanjutan lingkungan melalui kegiatan yang bersifat ke-Arsitekturan,”tutup Muhammad Nur.

Komentar

Rekomendasi

Di Gowa, Mentan SYL Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan untuk Memenuhi Kebutuhan Dasar

Bahas Masa Depan Wirausaha, STIE Nobel Makassar Gelar Webinar Kewirausahaan

STITEK Balik Diwa Makassar Gelar Halalbihalal Virtual

STIE PI Makassar Salurkan Bantuan Sembako untuk Mahasiswa

Masa LFH Dimanfaatkan Mahasiswa untuk Belajar Langsung Ke Peternak

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar