Mahasiswa Unhas Peduli Budaya dengan Cara Ini

Mahasiswa Unhas Peduli Budaya

Terkini.id,MakassarIndonesia merupakan negara yang kaya akan tradisi, budaya dan adat istiadat. Keberagaman tersebut merupakan aset yang dimiliki sebagai warisan budaya dan tidak boleh luntur oleh perubahan zaman. Seperti yang terdapat di Provinsi Sulawesi Selatan, khususnya diPulau Pa’jenekang, Kabupaten Pangkajene memiliki kebudayaan yang disebut Tammu Taung.

Perayaan adat tammu taung ini mempunyai keunikan dan nilai yang ada di dalam masyarakatnya. Sehingga mampu memberikan dampak sosial dan ekonomi jika dijadikan sebagai objek pariwisata.

Melihat fenomena ini, tiga mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas), meneliti tentang perayaan adat Tammu Taung (Studi tentangKeunikan Perayaan Adat Pa’jenekang dalam Menunjang Pariwisata Daerah Kabupaten Pangkep).

Ketiga mahasiswa tersebut yakni Kurnia Salsabila (Antropologi), Musdalifah Achmad (Antropologi), dan Wandi Janwar (Fisika).Mereka tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Kurnia Salsabila selaku Ketua Tim mengatakan, penelitian ini mereka lakukan untuk memperkenalkan perayaan adat Tammu Taung di Pulau Pa’jenekang, Kabupaten Pangkep.

“Penelitian ini kami lakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan adat Tammu Taung yang berada di Pulau Pa’jenekang Pangkep,”ujarnya.

Lebih lanjut, mahasiswi angkatan 2018 ini mengatakan, Tammu Taung memiliki keunikan dan makna sehingga dapat menjadi objek parawisata. Menurutnya, dengan keunikan tersebut, nama Pulau Pa’jenekang bisa dikenal di kalangan masyarakat luas.

“Perayaan adat Tammu Taung ini memiliki keunikan dan makna tersendiri, dan menurut kami hal itu dapat dijadikan objek parawisata, sehingga dapat mengangkat nama Pulau Pa’jenekang dan  Kabupaten Pangkep,” tutupnya.

Komentar

Rekomendasi

HMPWK Unibos Makassar Sukses Gelar Wicara Keilmuan Planologi

Bahas Komunikasi Politik di Era Digital, Pascasarjana Unifa Gelar Seminar Publik

Rakor YESS di Sulawesi Selatan, komitmen lahirkan milenial muda sesuai arah kebijakan Mentan SYL

Direktur Politeknik STIA LAN Makassar Apresiasi Taufan Pawe Kembangkan SDM ASN

Dr. Syaifuddin: untuk pertanian maju, mandiri dan modern, kami akan “all out”

Tingkatkan kualitas Pendidikan Vokasi, Pusdiktan Kementan lakukan 3 langkah nyata

Manfaatkan peluang, alumni Polbangtan Gowa kembangkan usaha jamur tiram di Toraja

Hadir di Unifa, Deng Ical Ajak Mahasiswa Kenali Potensi Diri

Hikmah, petani muda jebolan Polbangtan Gowa manfaatkan jerami fermentasi untuk usaha dan membantu peternak di Polewali Mandar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar