Mahasiswa UNM Kecam Pemkab Bone Masalah Perlindungan dan Keselamatan Lingkungan

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Bone – Salah satu Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) Muslimin Mus, yang juga merupakan tokoh pemuda Bontocani mengecam Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone untuk melindungi keselamatan lingkungan kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. Senin, 23 November 2020.

Diketahui bahwa keselamatan lingkungan juga merupakan keselamatan suatu daerah bahkan suatu bangsa sebab lingkungan merupakan tempat manusia bercocok tanam dan menggantungkan hidup.

Bontocani sendiri adalah Kecamatan terluas kedua di Kabupaten Bone, biasa disebut juga sebagai paru-paru Sulawesi Selatan sebab Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone merupakan perbatasan dari Kabupaten Sinjai, Gowa dan Maros.

Terkait hal itu, Muslimin Mus menegaskan bahwa wilayah Bontocani sangat berpengaruh atas perkembangan daerah Kabupaten Bone sebab Bontocani termasuk penghasil rempa-rempah yang melimpah seperti Kemiri, padi, cengkeh, kopi, coklat.

Bahkan bukan hanya sumber daya hasil buminya saja, namun Bontocani juga memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik dengan wisata di wilayah lain. Di Bontocani ada wisata pohon pinus, air terjun, gunung dan gua yang termasuk dalam kategori gua tertua yang ada di Asia. Hal tetsebut telah disampaikan oleh salah seorang peneliti dari Australia.

Menarik untuk Anda:

Namun ada beberapa sejarah kelam di Bontocani,  yakni lolosnya 2 tambang yang merusak alam bontocani yang mengakibatkan suhu mulai berubah dan meninggalkan bekas galiannya saat ini (tambang). 

Belum diketahui siapa yang telah membukakan akses ingin mengulang sejarah kelam itu telah digarap tambang Marmer di wilayah Kecamatan Bontocani yang kita ketahui bersama dimana keluhan yang muncul di wilayah sekitaran tambang marmer yang sudah ada adalah pencemaran udara, air dari zat kimia beracun, limbah batuan, longsor, ekosistem hutan yang terganggu dan lain-lain.

“Atas dasar itu saya mengecam Pemerintah Kabupaten Bone untuk menyelamatkan Bontocani dari Kejahatan Korporat Tambang,” tutup Muslimin Mus.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Ikatan Alumni SMPN13 Makassar Aksi Sosial Peduli Bencana Gempa Sulawesi Barat

Pasca Gempa, Tim Tanggap Darurat KLHK Turun ke Bumi Manakkara

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar