Mahasiswi STPP Gowa ini ajak petani Luwu manfaatkan bonggol pisang

Angelia saat membuat MOL dari Bonggol Pisang

Angelia Marahaba, Mahasiswi Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa melakukan kegiatan penyuluhan tentang Pembuatan Mikro Organisme Lokal (MOL) dari bonggol pisang di Kelompok Tani Tunas Baru, Desa Pongko, Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu (13/7/2018).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh kepala desa Pongko, Kelompok tani dan seluruh anggota kelompok tani serta beberapa tokoh masyarakat.

Didampingi Dirman, SP selaku Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Angelia menjelaskan pemanfaatan Mikro Organisme Lokal (MOL) yang dapat dibuat dari bonggol pisang.

Kegiatan penyuluhan ini merupakan rangkaian kegiatan mahasiswa yang wajib dilaksanakan dalam melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL II).

Manfaat MOL dari Bonggol Pisang yaitu sebagai bahan dalam membuat Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) alami,  karena didalam bonggol pisang mengandung 2 hormon yakni giberelin dan sitokinin. Selain hormon sitokinin dan giberelin bonggol pisang juga mengandung mikro organisme yang berguna bagi tanaman,  yaitu mikroba pelarut phospat, aspergilus, azospirilium, aeromonas, bacillus, mikroba selulotik, dan azotobacteri, ujar Angelia, mahasiswi asal Manado ini.

Ketua Kelompok Tani sangat antusias dengan kegiatan mahasiswa ditempatnya, menurutnya dengan adanya mahasiswa STPP Gowa yang PKL disini membuat masyarakat sekitar termotivasi lagi melakukan kegiatan pertanian.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

HMJ Matematika FMIPA UNM Gelar Workshop PKM 2019

Terkini.id,Makassar - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) helat Workshop Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)