‘Makam Karang’ di Selayar, Destinasi Sekaligus Monumen Tentang Ngerinya Bom Ikan

Makam Karang di Selayar, salah satu destinasi yang tengah dikampanyekan kalangan komunitas pentahelix

Terkini.id, Makassar – Ada satu destinasi wisata yang indah dikunjungi di Selayar, yakni Makam Karang. Destinasi ini sekaligus menyimpan cerita tentang jahatnya aktivitas bom ikan dan penggunaan potas.

Destinasi yang terletak di Pulau Bahuluang, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar itu, menjadi target Fam Trip Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Makassar, pada Rabu 28 November 2018.

Ketua BPC PHRI Makassar Kwandy Salim, mengungkapkan, daerah tersebut punya keunikan, karena di tengah-tengah laut terdapat kumpulan karang yang sudah mati, dan besar.

Karena itu, menurutnya, destinasi tersebut sangat menarik untuk dipromosikan.

Peringatan tentang Bahaya Bom Ikan

Sementara, Sekertaris BPD PHRI Sulsel Nasrullah Karim, menjelaskan, selain jadi destinasi, lokasi itu juga sekaligus jadi monumen peringatan tentang bahayanya potas atau bom ikan.

“Mengapa dikatakan makam, bukan karena bentuknya seperti makam akan tetapi arti yang sebenarnya adalah, bahwa sifat-sifat buruk masyarakat yang sering menggunakan potas atau bom ikan sudah mati dan sudah dimakamkan,” terang dia.

Makam karang, menurut dia, bisa dijadikan monumen peringatan untuk semua masyarakat tentang pentingnya menjaga ekosistem laut.

“Karena itu, kolaborasi pentahelix akan memudahkan bagi kita untuk memberikan pencerahan bagi masyarakat Selayar,” terangnya.

Berita Terkait