Makanan khas dari Makassar ini sangat terkenal

Sop Konro, salah satu makanan khas kota Makassar

Terkini.id, – Indonesia kaya akan rempah-rempah dan bumbu masakan. Karena itulah Indonesia juga kaya akan kuliner. Setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing. Begitupula dengan Makassar, Sulawesi Selatan. Kota yang akrab dengan julukan Kota Daeng ini sangat kaya akan makanan berempah-rempah.

Jika kalian ingin berkunjung ke Makassar, jangan sampai melewatkan beberapa makanan lezat ini:

1. Coto Makassar

Coto Paraikate, rasanya nikmat, enak dan harga sangat terjangkau hanya Rp 20.000 untuk semangkuk coto + ketupat

Makanan khas Makassar yang satu ini sangat terkenal di Sulawesi hingga ke Jawa dan wilayah lainnya. Karena kepopulerannya makanan yang satu ini mampu menarik banyak wisatawan untuk mencicipinya. Coto Makassar terbuat dari isi perut sapi yang direbus dalam waktu lama lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik khusus. Makanan berkuah ini sangat cocok disantap dengan ketupat atau burasa.

2. Sop Saudara

Sop Saudara

Berasal dari Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, makanan ini juga dapat ditemui di Makassar. Meskipun sop saudara tidak menjadi simbol Makassar, namun makanan berkuah ini sangat dinikmati banyak orang. Mirip dengan coto, sop saudara dibuat dengan bahan dasar daging sapi yang biasanya disajikan dengan bahan pelengkap seperti bihun dan perkedel kentang.

Menarik untuk Anda:

3. Sop Konro

Sop Konro Karebosi

Makanan khas Makassar ini dibuat dengan bahan dasar iga sapi dan danging sapi. Makanan kaya rempah-rempah ini sangat lezat jika disantap dengan ketupan dan burasa. Berasal dari budaya Bugis, pada dasarnya makanan ini berbentuk sop namun kini terdapat variasi kering yang disebut Konro bakar.

4. Pallu Basa

Pallubasa

Sama dengan makanan sebelumnya, makanan khas Makassar yang satu ini terbuat dari daging sapi atau kerbau. Jika dipandang sekilas, makanan ini nampak seperti coto Makassar. Namun dalam hal rasa, makanan ini sangat berbeda. Kuah pallu basa terbuat dari banyak rempah-rempah yang gurih dan meninggalkan rasa yang kuat. Makanan ini sangat wajib dicicipi wisatawan saat berkunjung ke Makassar.

5. Es Palu Butung

Es Pallu Butung

Es campur dengan gaya khas Makassar ini sangat populer sebagai hidangan penutup di Makassar. Bahan utamanya adalah pisang hijau yang ditempatkan di atas olahan santan, lalu ditambah dengan es serut, susu kental manis, dan sirup tertentu.

Itulah beberapa makanan lezat yang berasal dari Makassar dan wajib Anda coba jika datang ke sini.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Promo Makan Sepuasnya di Hana Restaurant MYKO Hanya Rp98 Ribu Nett, Buruan Reservasi

Dinghao Restaurant MYKO Luncurkan Paket Executive Lunch Package, Hanya Rp59 Ribu Nett

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar