Makanan Ini Bisa Mempercepat Datangnya Menopause

Makanan karbohidrat. Sumber : hellosehat.com

Terkini.id, – Datangnya menopause yang terlalu cepat bagi wanita adalah sesuatu yang ingin dihindari, meskipun semua wanita akan mengalami masa itu. Masa menopause yaitu kondisi berhentinya siklus menstruasi pada wanita, umumnya terjadi pada usia 45-55 tahun.

Menopause memang sesuatu yang pasti dialami setiap wanita, tetapi semua wanita tidak menginginkan menopause dini. Menopause dini sebelum mencapai usia 40 tahun bisa mengakibatkan banyak komplikasi bagi kesehatan seperti contoh hilangnya kepadatan tulang, risiko penyakit jantung yang lebih tinggi dan hilangnya hasrat seksual.

Penelitian menunjukkan salah satu penyebab menopause dini pada wanita diakibatkan karena pola makan. Para peneliti di Inggris yang melakukan penelitian terhadap 35 ribu wantia Inggris yang berusia 40-65 tahun menemukan adanya hubungan antara mengonsumsi karbohidrat dengan penyebab datannya menopause yang lebih cepat.

Penelitian yang dilakukan selama 4 tahun menyebutkan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat olahan mengalami menopause lebih cepat. Pengaruh makanan karbohidrat terhadap hormon berperan menyebabkan menopause dini. Seperti diketahui karbohidrat olahan merupakan salah satu penyebab resistensi insulin. Tingginya insulin pada tubuh seseorang dapat mengganggu aktivitas hormon seks dan meningkatkan kadar estrogen.

Terganggunya hormon seks dan meningkatnya kadar estrogen membuat siklus menstruasi juga meningkat dan menguras pasokan sel ovum.

Hasil penelitian menyebutkan sebanyak 900 wanita dari 14 ribu yang terlacak mengalami menopause alami yaitu rata-rata pada usia 51 tahun. Penelitian juga menunjukkan bahwa setiap tambahan asupan harian untuk porsi standar karbohidrat olahan, menopause dini lebih cepat yaitu 1,5 tahun sebelumnya sehingga peneliti menyimpulkan makanan yang mengandung karbohidrat olahan menjadi penyebab menopause datang lebih cepat.

Selain makanan yang mengandung karbohidrat olahan, makan makanan yang gurih dalam jumlah yang tinggi setiap hari mengalami menopause lebih awal 2 tahun dibandingkan yang tidak mengonsumsi makanan gurih. Makanan seperti keripik kentang, pretzel dan kacang gurih.

Penelitian juga mengungkapkan wanita vegetarian mengalami menopause satu tahun lebih cepat dibandingkan yang mengonsumsi daging, hal ini disebabkan tingginya kandungan lemak serat tinggi dalam makanan vegetarian berkaitan dengan kadar estrogen.

Makanan yang disarankan untuk mencegah datangnya menopause dini

Penelitian mengungkapkan menopause cenderung lambat datang pada mereka yang mengonsumsi banyak ikan dan kacang polong. Menambahkan minyak ikan dan kacang-kacangan dalam porsi harian dapat menunda sekitar tiga tahun datangnya menopause. Selain itu makanan yang tinggi B6 dan seng juga sangat baik untuk menunda menopause datang lebih awal.

Namun, perlu juga diketahui makanan hanya salah satu yang berpengaruh pada menopause, datangnya awal atau lebih lama dipengaruhi juga oleh faktor lainnya seperti genetik yang tak bisa disangkal.

Komentar
Terkini