Makassar Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional Kota Cerdas

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus bergerak membangun jaringan internasional, menciptakan keterhubungan global demi perubahan Makassar menjadi kota yang lebih cerdas.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni menggelar sekaligus menjadi tuan rumah pelaksanaan konferensi Internasional Kota Cerdas (Smart City) yang akan dilaksanakan selama dua hari, 27-28 Februari 2020.

Kegiatan ini diinisiasi Pemkot Makassar bersama dengan Japan Association for Smart Cities in ASEAN (JASCA).

Penjabat Wali Kota Makassar, M Iqbal Samad Suhaeb mengatakan perubahan kota cerdas saat ini sangat massif di kota-kota maju dan salah satunya adalah Jepang.

“Kita ingin menjadi bagian dari proses perubahan itu dengan membangun keterhubungan secara global dengan masuknya Kota Makassar dalam anggota ASCN (Asian Smart City Network),” kata Iqbal, Kamis, 20 Februari 2020.

Diketahui, berbagai kegiatan berskala internasional baru-baru ini telah berlangsung di Yokohama (Jepang).

Iqbal mengatakan akan menghadirkan dan mempertemukan para stakeholder pengembang kota cerdas di Kota Makassar.

“Baik yang dari sektor private Jepang maupun sektor lokal kita,” ujar Iqbal.

Menurut Iqbal, konferensi ini akan menghadirkan paling sedikit 22 perusahaan besar Jepang yang tergabung sebagai anggota JASCA (Japan Association for Smart Cities in ASEAN), para rektor dari kampus besar di Indonesia Timur, perwakilan pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Sulsel, kepala daerah, perusahaan lokal, dan juga komunitas kreatif di Kota Makassar.

“Kita sangat bersyukur karena Pemerintah Jepang, khususnya Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang ikut menjadi inisiator dari pertemuan ini. Kami juga mendapat dukungan besar dari Pemerintah Pusat serta Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan. Saya minta seluruh pihak, khususnya OPD kita bekerja maksimal menyukseskan even ini,” lanjut Iqbal.

Sementara itu, Kepala Dinas komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Ismail Hajiali yang juga menjadi leading sektor kegiatan ini menjelaskan secara teknis persiapan yang tengah dilakukan.

“Alhamdulillah persiapannya berjalan lancar, baik itu lokasi pelaksanaan konferensi, termasuk seluruh undangan yang saat ini tengah dibagikan,” ujar Ismail.

“Kami berharap seluruh pihak ikut membantu, termasuk warga kita agar menjadi tuan rumah yang baik. Mari kita tunjukkan keramahtamahan kita sebagai warga Makassar, termasuk tetap menjaga kebersihan kota,” pungkasnya.

Komentar

Rekomendasi

Kasubag Zulkiflie Meninggal Diduga Corona,  Pemkot Bakal Lakukan Rapid Tes Pegawai

Bantuan Terus Berdatangan di Posko Induk Covid-19 Makassar

Kabar Duka, Satu Pegawai Pemkot Makassar Meninggal Dunia Usai PDP Corona

Dekan FTI UMI Minta Pemkot Berdayakan Pelaku UMKM Produksi Masker

Lawan Corona, PMI Semprot Disinfektan Ribuan Lokasi di Makassar

PMI Makassar: Kerja Gugus Tugas Covid-19 Tak Ada Artinya Jika Warga Tetap Keluar Rumah

Dampak Covid-19, Dispar Makassar Perpanjang Penutupan Sementara Industri Pariwisata

PMI: Stok Darah di Makassar Hanya Cukup 7-8 Hari

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar