Makassar Rawan Banjir, BPBD Cuma Punya 2 Perahu Karet, 6 Masih Perbaikan

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto mendayung perahu karet memantau ratusan rumah yang masih terendam banjir
Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto mendayung perahu karet memantau ratusan rumah yang masih terendam banjir

Terkini.id, Makassar – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar hanya memiliki delapan perahu untuk menanggulangi ancaman banjir akibat cuaca ekstrim. Parahnya,  hanya dua perahu saja yang kondisinya masih baik.

Kepala BPBD Kota Makassar, Rusli mengatakan pihaknya memang hanya memiliki delapan perahu. Padahal ada beberapa titik di tiga kecamatan yang berpotensi terjadi genangan tinggi.

Tiga kecamatan yang dimaksud, antara lain Tamalanrea, Biringkanaya, dan Manggala. Tiga kecamatan ini pulalah yang kini diwaspadai BPBD ketika cuaca ekstrim terjadi.

Kendati begitu, Rusli mengatakan, enam perahu lainnya yang masih dalam perbaikan akan bisa digunakan secepatnya bila genangan tinggi benar-benar terjadi.

“Enam lainnya masih dalam proses pembenahan, ditambal-tambal. Insya Allah siap semua secepatnya. Kita berupaya,” kata Rusli.

Menarik untuk Anda:

BPBD, kata Rusli, telah membentuk beberapa tim penanggulangan. Tim tersebut menentukan titik yang sering terkena banjir atau genangan.

“Kita sudah melakukan tindakan preventif untuk mengantisipasi, seperti kalau terjadi banjir atau genangan. Ungsikan ke masjid pakai perahu,” ungkapnya.

Pihaknya juga kini tengah mengupayakan pengadaan motor yang bisa menerjang banjir hingga ketinggian dua meter. Motor ini nantinya bakal digunakan untuk mempercepat proses pertolongan untuk warga.

“Ini kita lagi bicarakan supaya bisa ada motor yang bisa lewat banjir hingga satu sampai dua meter menembus banjir,” katanya.

Rusli juga menambahkan pihaknya akan berkoordinasi dengan para SKPD terkait untuk berkolaborasi mencegah dampak besar yang ditimbulkan genangan.

“Kita membentuk tim personel kekuatan kita, dan berkoordinasi dengan SKPD terkait dengan peralatan yang kita miliki. Dalam satu-dua hari hingga Minggu depan kita akan mengundang instansi-instansi untuk rapat bersama,” tutupnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Turunkan Ekskavator Amphibi, Dinas PU Makassar Keruk Area UPTD Pelelangan Ikan Rajawali

Tak Mendukung Dilan di Pilwali Makassar, PDIP: Silahkan Mundur

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar