Makna Bahasa Tubuh

Foto fenomenal Presiden Soeharto menandatangani Letter of Intent terkait utang Indonesia ke IMF.

ORANG berkomunikasi dengan menggunakan bahasa lisan dan bahasa tubuh. Kadang-kadang bahasa tubuh jauh lebih kaya maknanya ketimbang bahasa lisan.

Hal ini antara lain dikemukakan oleh Joseph Stiglitz, pemenang Hadiah Nobel Ekonomi Tahun 2001.

Joseph Stiglitz mengomentari foto penandatanganan “Letter of Intent” (LOI) oleh Presiden Suharto pada tanggal 15 Januari 1998 di Jakarta, di depan Direktur Eksekutif IMF. Michel Camdessus.

LOI itu berisi kesediaan Indonesia untuk memenuhi tuntutan IMF, melaksanakan reformasi kebijakan ekonomi, sebagai imbalan menerima dana talangan dari IMF untuk membayar hutang Indonesia kepada pihak-pihak pemberi utang.

Komentar Stiglitz antara lain dikemukakannya di dalam bukunya “Globalization and its Discontents” (Penguin Books, 2002).

Sebuah terjemahan bebas dari pernyataannya di halaman 40-41 adalah sebagai berikut:

“Sebuah gambar dapat bermakna sebagai seribu kata, dan sebuah gambar yang dibuat pada tahun 1998, yang diperlihatkan ke seluruh dunia telah terpateri di dalam pikiran jutaan orang, khususnya mereka di negara-negara bekas jajahan.

Michel Camdessus, Direktur Eksekutif IMF, seorang berperawakan pendek dan berpakaian rapih, mantan birokrat keuangan Prancis, yang pernah mengaku dirinya seorang Sosialis, dengan sikap keras dan tangan berlipat di depan dada, mengawasi presiden Indonesia yang dihinakan, sedang duduk menandatangani sebuah dokumen perjanjian dengan IMF.

Kenyataannya, presiden yang malang itu sedang dipaksa menyerahkan kedaulatan ekonomi negaranya kepada IMF, untuk memperoleh bantuan yang sangat dibutuhkan negerinya.

Ironisnya, pada akhirnya, sebagian besar uang tersebut bukannya digunakan untuk membantu Indonesia, melainkan untuk pembayaran hutang kepada para kreditur sektor swasta dari negara-negara bekas penjajah…

Bagi mereka di negara-negara berkembang, gambar itu melahirkan pertanyaan yang sangat mengganggu: Apakah keadaan benar-benar sudah berubah setelah kolonialisme secara formal telah berakhir setengah abad yang lalu?”

Renungan: Apa tanggapanku sebagai bangsa yang berdaulat?

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Ekobis

AHM Kenalkan New Honda Sonic 150R, Begini Tampilannya

Terkini.id,Jakarta – PT Astra Honda Motor memperkenalkan New Honda Sonic 150R dengan tampilan terbaru melalui penyematan stripe yang terlihat semakin agresif dan compact. Tampilan terbaru dari motor light sport ini merupakan jawaban bagi gaya hidup